DetikNews
Selasa 12 Juni 2018, 19:21 WIB

Naik Sepeda, Kakorlantas Buktikan Tanjakan Kali Kenteng Aman

Eva Safitri - detikNews
Naik Sepeda, Kakorlantas Buktikan Tanjakan Kali Kenteng Aman Kakorlantas Irjen Royke Lumowa mengecek tanjakan Kali Kenteng sambil naik sepeda. (Eva Safitri/detikcom)
FOKUS BERITA: Jalur Mudik 2018
Salatiga - Kakorlantas Polri Irjen Royke Lumowa mengecek tanjakan curam Kali Kenteng di ruas tol fungsional Salatiga-Kartasura. Royke membuktikan tanjakan tersebut aman.

"Sepeda saja bisa lewat, apalagi kendaraan roda empat. Kalau tidak kuat nanjak, artinya pengemudi tidak mahir dalam berkendara atau mobilnya tidak layak jalan," ujar Royke di lokasi, Salatiga, Jawa Tengah, Selasa (12/6/2018).


Tanjakan Kali Kenteng sempat viral diisukan memiliki kemiringan 57 derajat, tapi hal itu sudah dibantah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) serta polisi.

Sempat terdengar kabar pula ada mobil yang tidak kuat menanjak di Kali Kenteng. Royke menuturkan, mobil matik tersebut memasang gigi D dan tidak mengganti persneling untuk menanjak.


"Itu tidak bisa nyetir. Kalau yang saya dengar, itu gigi dua, bukan gigi satu. Kalau dia pun (mobil) matik, dia bukan posisi nanjak, tapi di D," ucapnya.

Dia menyarankan pengemudi yang melewati lintasan curam ini tidak membawa beban berlebih. Lantaran kendaraan dengan beban akan mengganggu stabilitas kendaraan.

"Kalau overloading penumpang ataupun barang, memang dilarang karena dia akan mengganggu stabilitas kendaraan itu sendiri, baik saat menikung maupun saat menurun khususnya, bisa tidak berfungsi. Saat dia manuver pun bisa terganggu," tutupnya.
(dkp/dkp)
FOKUS BERITA: Jalur Mudik 2018
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed