DetikNews
Selasa 12 Juni 2018, 18:02 WIB

PAN: Yahya Staquf Hanya Alibi Bahas Palestina di Israel

Andhika Prasetia - detikNews
PAN: Yahya Staquf Hanya Alibi Bahas Palestina di Israel Yahya Staquf (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta - Partai Amanat Nasional (PAN) mengkritik anggota Wantimpres Yahya Cholil Staquf yang tidak membahas Palestina dalam lawatannya di Israel. PAN meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) memanggil Yahya.

"Memang tidak ada disinggung. Terkesan hanya mencari alibi saja bahwa keberadaan di sana untuk Palestina. Faktanya, itu tidak dibicarakan. Ini yang mesti diperiksa presiden," ujar Wasekjen PAN Saleh Partaonan Daulay kepada wartawan, Selasa (12/6/2018).



PAN menjelaskan kunjungan Yahya ke Israel masih menyisakan tanda tanda besar. Terutama setelah memanasnya situasi di perbatasan Gaza dan sikap politik Indonesia yang mendukung Palestina.

Wasekjen PAN Saleh Daulay.Wasekjen PAN Saleh Daulay (Foto: Dok. Istimewa)

"Kalau hanya sekadar diskusi tentang perbandingan agama dan mencari hubungan relasional teologis seperti di video itu, saya kira tidak akan menyelesaikan masalah dan penderitaan rakyat Palestina. Tidak jelas sama sekali apa manfaatnya," tutur Saleh.


Yahya telah berada di Israel dan berbicara dalam acara diskusi yang diadakan organisasi Yahudi Amerika. Dia juga telah menegaskan alasan kehadirannya di Israel.


"Saya berdiri di sini untuk Palestina. Saya berdiri di sini atas dasar bahwa kita semua harus menghormati kedaulatan Palestina sebagai negara merdeka," kata Yahya setelah menjadi pembicara dalam forum yang diprakarsai American Jewish Committee (AJC) di Israel, sebagaimana dilansir NU Online, Senin (11/6). Namun saat menjadi pembicaraan, Yahya malah tak menyinggung soal Palestina.
(dkp/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed