DetikNews
Selasa 12 Juni 2018, 17:17 WIB

HNW Kritik Yahya Staquf yang Tak Bahas Palestina di Israel

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
HNW Kritik Yahya Staquf yang Tak Bahas Palestina di Israel Hidayat Nur Wahid (Tsarina Maharani/detikcom)
Jakarta - Video dialog Katib Aam Nahdlatul Ulama (NU) Yahya Cholil Staquf telah dirilis oleh American Jewish Comittee (AJC). Namun, dalam video yang dirilis, tak ada pembahasan tentang isu Palestina. Yahya pun menuai kritik.

"Itu yang menjadi kritik publik juga. Padahal dengan lugas beliau (Yahya, red) menyampaikan ke NU Online bahwa Gus Yahya Staquf berdiri--padahal dalam forum itu, beliau hanya duduk saja--untuk Palestina, bahkan untuk hormati kedaulatan Palestina sebagai negara yang merdeka," ujar Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid kepada detikcom, Selasa (12/6/2018).



Hidayat atau yang akrab disapa HNW juga telah menyimak video tersebut berulang kali. Namun HNW tak menemukan kalimat tentang Palestina sama sekali.



"Seandainya perjuangkan untuk Palestina dan akui kedaulatan Palestina sebagai negara merdeka itu beliau sampaikan dalam forum AJC, kondisinya pasti berbeda. Tak ada keramahan dari rabi yang moderator dan tak ada tepuk tangan hadirin. Sebagaimana biasa, mereka bisa jadi malah WO," ungkap Wakil Ketua MPR ini.



HNW juga berpikir AJC selaku penyelenggara mungkin saja akan menyesal telah mengundang Gus Yahya jika benar ada pernyataan soal Palestina. Namun yang tampak di video adalah tepuk tangan hadirin setelah pernyataan Gus Yahya.

"Tujuan didirikannya AJC bukan untuk hadirkan forum untuk akui Palestina merdeka, tapi untuk perjuangkan dan proteksi eksistensi dan sekuriti Israel," kata HNW.
(bag/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed