DetikNews
Sabtu 09 Juni 2018, 00:42 WIB

Indonesia Jadi DK PBB, Jokowi: Kita Akan Laksanakan Ketertiban Dunia

Tsarina Maharani - detikNews
Indonesia Jadi DK PBB, Jokowi: Kita Akan Laksanakan Ketertiban Dunia Presiden Joko Widodo (Rusman/Biro Pers Setpres)
FOKUS BERITA: RI Anggota DK PBB
Jakarta - Presiden Joko Widodo bersyukur atas terpilihnya Indonesia menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan (DK) PBB. Hal itu diungkapkan Jokowi melalui akun Twitter resminya, @Jokowi.

"Alhamdulillah, Indonesia terpilih menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB. Kita akan berperan melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial -Jkw," cuit Jokowi seperti dilihat detikcom pada Sabtu (9/6/2018).

Jokowi menyebut peran Indonesia dalam melaksanakan ketertiban dunia akan makin nyata. Hal ini sesuai dengan cita-cita Indonesia yang tertuang dalam Undang-Undang Dasar (UUD) 1945.


Diberitakan sebelumnya, Indonesia bersama empat negara lain terpilih sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB. Keanggotaan itu akan berlaku dua tahun ke depan.

Berdasarkan sidang Majelis Umum PBB, selain Indonesia, empat negara lainnya adalah Jerman, Belgia, Afrika Selatan, dan Republik Dominika. Kelima negara akan memulai masa jabatan di Dewan Keamanan pada 1 Januari 2019.


Indonesia terpilih sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB untuk periode 2019-2020 dengan perolehan 144 suara. Indonesia akan menggantikan Kazakhstan untuk wakil di Asia-Pasifik.
(tsa/rna)
FOKUS BERITA: RI Anggota DK PBB
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed