DetikNews
Selasa 05 Juni 2018, 16:03 WIB

Urai Macet Palembang, Flyover 1,1 Km Siap Dilalui Pemudik

Raja Adil Siregar - detikNews
Urai Macet Palembang, Flyover 1,1 Km Siap Dilalui Pemudik Flyover baru di Palembang (raja/detikcom)
Palembang - Flyover di simpang Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II dan Simpang Kramasan yang berada di Kota Palembang, Sumatera Selatan, siap digunakan. Mulai hari ini, jalan layang itu sudah dilalui kendaraan mudik lebaran.

"Mulai hari ini kedua flyover yang berada di Simpang Kramasan dan Tanjung Api-Api sudah siap dilalui pemudik. Flyover ini sudah siap dilalui secara fungsional sebelum nanti disetujui oleh Presiden untuk diresmikan," kata Pjs Wali Kota Palembang, Ahmad Najib saat Open Traffic Flyover di Simpang Kramasan, Selasa (5/6/2018).

Dengan mulai berfungsiya kedua flyover yang ada di gerbang masuk Palembang, Najib yakin dapat mengurai kemacetan. Teutama untuk akses keluar masuk kota Palembang dari Jambi dan Lampung.


Karena kedua flyover menjadi akses di jalan lintas Sumatera, Najib berharap masyarakat dapat menjaga agar tidak dirusak.

"Ini berada di jalan lintas Sumatera, jadi kalau bisa mari sama-sama kita jaga agar tidak ada yang merusak. Biaya dua flyover ini tidak murah, belum tentu juga semua daerah di Indonesia bisa dapat," kata Najib.

Flyover keramasan, lanjut Najib, semua sudah bisa dioperasikan baik jalur atas maupun jalur bawah. Namun berbeda dengan flyover di simpang Bandara yang hanya dapat digunakan maksimal pada bagian atas saja.

"Flyover simpang bandara hanya bagian atas yang kita operasikan, karena bagian bawah ada sedikit jalur yang mengalami penyempitan. Ada rumah warga yang belum dibebaskan, tapi saya tegaskan besok pembebasan itu sudah selesai, kita bayarkan agar dapat segera dilalui," katanya lagi.


Kepala Balai Besar Pelaksana jjalan Nasional V, Zamharir Basuni menyebut flyover di simpang Bandara SMB II dan Keramasan sama-sama memiliki lebar 18 meter. Namun flyover Kramasan lebih panjang dari simpang Bandara.

"Flyover Keramasan memiliki panjang 650 meter dan untuk flyover simpang bandara memiliki panjang 460 meter. Untuk biaya keduanya itu sekitar Rp 395 miliar," kata Zamharir



Tonton juga video: 'Waspada, Ini Tiga Titik Rawan Macet saat Mudik Lebaran 2018'

[Gambas:Video 20detik]




(asp/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed