detikNews
Selasa 05 Juni 2018, 08:59 WIB

Kejar Asian Games, Jembatan Musi IV Sepanjang 1,3 Km Terus Dikebut

Raja Adil Siregar - detikNews
Kejar Asian Games, Jembatan Musi IV Sepanjang 1,3 Km Terus Dikebut Progres Jembatan Musi IV (raja/detikcom)
Palembang - Pengerjaan Jembatan Musi IV di Kota Palembang, Sumatera Selatan, yang menghubungkan Seberang Ulu dan Seberang Ilir, terus dikebut. Jembatan ini ditargetkan akan tersambung pada akhir Juli mendatang.

"Sekarang masih terus dikerjakan sampai H-1 Lebaran, target masih tetap sama. Ya kalau bisa 45 hari lagi atau akhir bulan depan sudah tersambung," kata Pejabat Pembuat Komitmen Jembatan Metropolis Palembang, Suwarno, kepada wartawan, Selasa (5/6/2018).

Dikatakan Suwarno, progres keseluruhan sampai hari ini sudah mencapai sekitar 81 persen. Bahkan pengerjaan sempat terhambat karena ada ketidaksesuaian girder saat akan dipasang.

Tidak hanya itu, cuaca yang tak menentu, disebut Suwarno, juga menghambat saat pemasangan girder yang berada tepat di atas Sungai Musi. Termasuk kapal dan speedboat yang melintas tepat di bawah proyek ini.

"Ada ukuran girder yang berubah, bahkan cuaca juga kan tidak menentu. Jadi kami harus tunda beberapa pengerjaan sampai cuaca mendukung. Mudah-mudahan ada sisa pengerjaan sekitar 18 persen lagi ini dapat selesai tepat waktu," katanya.

Jika Jembatan Musi IV ini selesai, Suwarno memastikan akses tersebut dapat memecah arus lalu lintas di Jembatan Ampera dan Jembatan Musi II. Belum lagi jika nanti Jembatan Musi VI juga selesai.

Untuk diketahui, Jembatan Musi IV mulai dibangun pada akhir 2016 dengan panjang sekitar 1.130 km serta lebar 12 meter. Jembatan ini dikerjakan dengan 19 segmen dan sudah selesai setengahnya.

"Kalau semua sudah selesai, saya masih berharap H-10 sebelum Asian Games ini dapat digunakan secara fungsional. Tapi memang belum ada ornamen-ornamen di trotoar dan dinding jembatan," tutup Suwarno.
(asp/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed