detikNews
Minggu 03 Juni 2018, 20:39 WIB

Polri: Semua Pelaku Vandalisme Akan Ditindak Tegas

Tsarina Maharani - detikNews
Polri: Semua Pelaku Vandalisme Akan Ditindak Tegas Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto (Foto: Grandyos Zafna-detikcom)
Jakarta - Sejumlah underpass di beberapa kawasan DKI Jakarta menjadi sasaran pelaku vandalisme. Polri memastikan semua pelaku vandalisme akan ditindak tegas.

"Tentunya kami dari Polri kalau sudah terjadi ya, kita harus melakukan upaya paksa dengan tegas dan terukur," ujar Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto, di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (3/6/2018).


Menurut Setyo, tak ada pengecualian bagi kasus penegakan hukum meski pelaku adalah anak-anak di bawah umur. Sebab, ada sistem peradilan anak.

"Vandalisme ini kan keisengan-keisengan, tetapi kalau kita dapati tentunya kita akan tegakkan hukum. Walaupun pelakunya itu masih di bawah umur, kita ada prosedur peradilan anak, kita mempunyai peraturan itu," sebut Setyo.


Namun, dia berharap orang tua dan guru-guru di sekolah serta pihak terkait turut membantu polisi dalam upaya pencegahan. Setyo mengimbau agar kejadian serupa tak terulang.

"Saya mengimbau, tidak hanya Polri yang mempunyai domain di sini tetapi semua stake holder. Ada masyarakat, ada orang tua, ada kelompok motor, mobil, mungkin ada kelompok masyarakat yang melaksanakan kegiatan di malam hari tentunya hindari kegiatan yang negatif," tuturnya.


Apalagi, kata Setyo, sebentar lagi Indonesia akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018. Dia mengingatkan agar seluruh elemen masyarakat mendukung kegiatan ini, salah satunya dengan menjaga fasilitas umum.

"Mari kita bersama sama menjaga, apalagi ini menjelang Asian Games. Asian Games nanti kita mendapatkan tamu, jangan sampai nanti fasilitas umum dirusak, fasilitas umum dikotori. Itu sayang sekali dan itu adalah uang rakyat yang dipakai memperbaiki dan merehabilitasi lagi," ucap Setyo.




(tsa/ams)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com