Penyelundup Sabu 12 Kg dan 24 Ribu Ekstasi Asal Malaysia Ditangkap

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Kamis, 24 Mei 2018 15:59 WIB
Ilustrasi (dok.detikcom)
Pekanbaru - Ditresnarkoba Polda Riau kembali membongkar sindikat peredaran narkoba jaringan internasional. Dua orang diamankan dengan barang bukti 12 Kg sabu dan ekstasi sekitar 24 ribu butir.

"Barang bukti narkoba didatangkan dari Malaysia masuk ke wilayah perairan Bengkalis Riau," kata Dir Resnarkoba Polda Riau, Kombes Haryono kepada wartawan, Kamis (24/5/2018).

Haryono menjelaskan, dalam penangkapan ini pihaknya menetapkan dua orang sebagai tersangka. Pertama HC (34) warga Pekanbaru dan MM alias Nando (30) warga Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut).

Haryono menyebutkan, penangkapan ini dipimpin Wadirnarkoba Polda Riau, AKBP Andri Sudarmadi SIK pada Sabtu (12/5) di Jl Lintas Maredan Pekanbaru.

"Barang bukti ini diambil dari perairan Bengkalis. Selanjutnya tersangka membawa dari Bengkalis menuju ke Pekanbaru," kata Haryono.

Dalam perjalanannya, kata Haryono, tersangka HC sebagai pemesan mengawal sabu ini dengan menggunakan mobil Suzuki Ignis. Barang bukti sabu dan ekstasi dibawa kurir Nando dengan menggunakan sepeda motor.

"Jadi posisi yang bawa barang bukti pakai motor dan tersangka satu lagi mengawal dengan mobil. Sebenarnya di dalam mobil ada 3 orang, namun keduanya lagi tidak terbukti dalam jaringan ini," kata Haryono.

Haryono menyebutkan, barang bukti 12 Kg dan 24 ribu butir ekstasi ini dibawa dalam tas rangsel dengan motor. Rencananya barang haram ini akan kembali menyebar ke sejumlah daerah lainnya.

"Belum sampai menyebar ke mana-mana, tim kita lebih dulu menangkapnya. Kita masih kembangkan kasus ini," tutup Haryono. (cha/asp)