detikNews
Sabtu 19 Mei 2018, 12:12 WIB

Pilgub Sumut 2018

Perbaikan Sanitasi dan Air Bersih Jadi Fokus Djarot-Sihar

Tia Reisha - detikNews
Perbaikan Sanitasi dan Air Bersih Jadi Fokus Djarot-Sihar Foto: Jefris/detikcom
Jakarta - Pasangan cagub dan cawagub Djarot Saiful Hidayat - Sihar Sitorus (Djoss) memiliki beberapa program guna meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Salah satunya akan meningkatkan kesehatan masyarakat dengan cara memperbaiki kualitas sanitasi dan air bersih di Sumatera Utara.

"Pasangan Djoss ini akan meningkatkan kualitas fasilitas dan layanan kesehatan, khususnya yang selama ini dikelola oleh pemerintah. Lingkungan yang berdampak pada kesehatan juga menjadi perhatian utama misalnya akses sanitasi dan air bersih," ungkap Sekretaris Tim Pemenangan PPP untuk pasangan Djoss, Anisa Ayu dalam keterangan tertulis, Sabtu (19/5/2018).

Ia juga menjelaskan bahwa fasilitas kesehatan lain yang akan ditingkatkan adalah ketersediaan layanan ambulans agar cukup dan mampu merespons kebutuhan dengan cepat. Sehingga masyarakat bisa langsung mendapatkan akses layanan kesehatan pada saat yang dibutuhkan.



Sementara untuk bidang pendidikan, tutur Ayu, Djarot akan memperbaiki semua fasilitas yang ada. Pasangan ini juga mempunyai data terkait kondisi fasilitas pendidikan yang ada saat ini.

Fasilitas pendidikan yang dimaksud bukan hanya terkait sekolah umum, namun juga lembaga pendidikan keagamaan seperti pesantren.

"Pendidikan ini merupakan kebutuhan yang mendasar dan akan mempengaruhi pada kualitas SDM di Sumut. Sehingga mendapatkan perhatian khusus," jelas Ayu.

Kedua program itu diyakini akan berjalan baik dengan adanya transparansi yang nantinya akan dilakukan oleh pasangan Djoss jika terpilih.

"Semua layanan pemerintah, termasuk di bidang kesehatan ini bisa terwujud karena adanya transparansi semua program yang akan dilakukan Djoss kala menjabat nanti. Transparansi ini menjadi pondasi awal untuk mewujudkan pelayanan yang prima," tambah Ayu.



Ia juga menambahkan, Djarot diyakini akan mudah mewujudkan janji-janji politiknya karena sudah berpengalaman sebagai birokrat dan politisi.

Mulai dari menjadi anggota DPRD, wali kota Blitar Jawa Timur selama dua periode, anggota DPR RI, hingga menjadi gubernur ibu kota Jakarta.

"Sejumlah penghargaan sebagai kepala daerah pun sudah pernah diterima Djarot. Sehingga ini sudah cukup untuk membuktikan bahwa ia memiliki kinerja yang bagus selama ini," pungkas Ayu.
(mul/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com