detikNews
Jumat 18 Mei 2018, 03:55 WIB

Fakta-fakta Kapal Labrita Adinda Terbakar

Fatichatun Nadhiroh - detikNews
Fakta-fakta Kapal Labrita Adinda Terbakar KMP Labitra Adinda terbakar Foto: Ardian Fanani/detikcom
Banyuwangi - Kapal motor penumpang (KMP) Labitra Adinda dari Pelabuhan Gilimanuk Bali yang sedang dalam perjalanan menuju Pelabuhan Ketapang Banyuwangi terbakar. Seluruh penumpangnya berhasil dievakuasi. Apa saja fakta-fakta soal kejadian ini?

KMP Labrita Adinda Terbakar

KMP Labitra Adinda terbakar di Selat Bali ketika berlayar dari Pelabuhan Gilimanuk Bali menuju Pelabuhan Landing Craft Machine (LCM) Ketapang, Banyuwangi, Kamis (17/5/2018). Peristiwa ini terjadi sekitar pukul 14.20 WIB.

"Kebakaran terjadi di dek kapal lantai 2, Api masih menyala," kata Kapolres Banyuwangi AKBP Donny Adityawarman.

AKBP Donny dan jajarannya memantau langsung kebakaran kapal ini. Terlihat asap hitam masih mengepul dari kapal.

KMP Labrita Adinda Angkut Penumpang Hingga Tronton

KMP Labitra Adinda terbakar di Selat Bali saat belum lama meninggalkan Pelabuhan Gilimanuk Bali. Posisi kapal sekitar 200 meter dari bibir pantai.

Data yang dihimpun detikcom, di KMP Labrita Adinda terdapat sekitar 20-25 orang penumpang termasuk kru kapal. Kepanikan terjadi saat api muncul dari dalam kapal ditambah asap hitam yang mengepul.

Proses pemadaman apiProses pemadaman api Foto: Ardian Fanani
Kapal ini juga mengangkut 5 truk kecil, 5 truk besar dan 1 Kendaraan kecil. Selain itu, ada 2 sepeda motor di dalam kapal.

Penumpang KMP Labrita Dievakuasi

Ada 15-25 orang penumpang di dalam KMP Lambrita Adinda. Sesaat setelah kapal terbakar, petugas gabungan dari pelabuhan, Basarnas dan Polair serta TNI langsung bergerak melakukan evakuasi.

Seluruh penumpang dievakuasi ke KMP Karya Maritim II. Para penumpang loncat satu per satu ke air kemudian dinaikkan ke sekoci menuju kapal.

Semua penumpang dan ABK KMP Labitra Adinda selamatSemua penumpang dan ABK KMP Labitra Adinda selamat Foto: Ardian Fanani
Kapal ini sekitar pukul 15.15 WIB ditarik ke pantai di dekat Pelabuhan Ketapang, tepatnya di pantai belakang Hotel Banyuwangi Beach, sekitar 500 meter dari pelabuhan.


Petugas pemadam dari kapal tugboat milik Pertamina dan Pemadam Kebakaran Pemkab Banyuwangi berjibaku dengan api selama 4 jam lebih untuk memadamkan api. Tidak lama, api bisa dipadamkan sepenuhnya.

Penumpang KMP Labrita Syok

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa terbakarnya KMP Lambrita Adinda. Meski demikian, kondisi penumpang kebanyakan syok dan ada pula yang pingsan.

"Untuk penumpang KMP Labitra Adinda ada 18 orang dan 12 ABK selamat. Semua sudah dievakuasi," ujar AKBP Donny.


Sebagian penumpang yang syok dan pingsan langsung mendapat perawatan dan dibawa ke ambulans serta hotel terdekat di pelabuhan menuju kantor ASDP Ketapang. Sementara untuk ABK kapal dievakuasi kantor Basarnas di Pelabuhan LCM Banyuwangi.

Polisi Selidiki Penyebab Terbakarnya Kapal

Polisi mengatakan kebakaran di KMP Labitra Adinda diduga karena arus pendek di mesin bawah. Polisi akan melakukan penyelidikan lebih lanjut.

"Menunggu penyelidikan lebih lanjut. Keterangan sementara konsleting listrik di kapal," ujar AKBP Donny.

AKBP Dony menyebut, dugaan sementara tersebut dia dapat dari keterangan sejumlah saksi yang sudah dievakuasi. Salah satu penumpang kapal dari Denpasar bernama Ahmad sebelumnya mengatakan, ada ledakan sebelum api berkobar di kapal.

Penampakan kapal yang terbakarPenampakan kapal yang terbakar Foto: Ardian Fanani
"Sempat ada ledakan dan kemudian langsung menyambar mobil dan naik ke atas," ujarnya.

Saat kejadian, Ahmad berusaha menjauhkan mobilnya dari api. Karena api terus membesar, dia kemudian memilih meninggalkan mobilnya mencari tempat aman. Saat itu menurutnya penumpang lainnya juga panik berusaha menyelamatkan diri sampai akhirnya datang kapal penyelamat melakukan evakuasi.


Tonton juga Kapal Penumpang Terbakar di Selat Bali, Tidak Ada Korban Jiwa
(hri/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed