DetikNews
Sabtu 12 Mei 2018, 08:00 WIB

Komnas HAM Puji Cara Polri Tangani Kerusuhan Mako Brimob

Andhika Prasetia - detikNews
Komnas HAM Puji Cara Polri Tangani Kerusuhan Mako Brimob Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik (Foto: Ari Saputra/detikcom)
FOKUS BERITA: Rusuh di Mako Brimob
Jakarta - Komnas HAM mengutuk aksi penyanderaan dan pembunuhan napi teroris terhadap polisi di rutan Mako Brimob, Kelapa Dua. Pembunuhan terhadap lima anggota Polri dinilai kejam dan tidak manusiawi.

"Komnas HAM mengutuk tindakan pembunuhan tersebut yang dilakukan secara kejam, tidak manusiawi dan merendahkan martabat manusia sehingga mengakibatkan tercabutnya hak hidup para korban yaitu lima orang anggota Polri," ujar Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik kepada wartawan, Jumat (11/5/2018) malam.


Komnas HAM enggan menyimpulkan pembunuhan 5 anggota Polri oleh napi teroris melanggar HAM atau tidak. Namun secara hukum, tindakan mereka dikategorikan sebagai tindak pidana berat.

Selain itu, langkah polisi yang mengedepankan pendekatan persuasif dalam proses penanggulangan teroris mendapat pujian dari Komnas HAM. Langkah soft approach dari Polri dinilai tepat.


"Komnas HAM menyampaikan penghargaan dan apresiasi atas kinerja Polri yang luar bisa dapat mengendalikan situasi dengan menggunakan pendekatan humanis serta pendekatan lunak (soft approach) sehingga tidak ada korban jiwa dalam proses pembebasan sandera yang berakhir pada Kamis 10 Mei 2018," jelas Taufan.

Kerusuhan di Rutan Mako Brimob terjadi pada Selasa (8/5) malam. Kejadian dilaporkan pukul 19.30 WIB. Kerusuhan itu bisa diredakan pada Kamis (9/5). Akibat kejadian tersebut lima polisi gugur dan seorang napi teroris tewas.

Berikut ini identitas lima polisi yang gugur tersebut:

1. Iptu Luar Biasa Anumerta Yudi Rospuji Siswanto
2. Aipda Luar Biasa Anumerta Denny Setiadi
3. Brigadir Luar Biasa Anumerta Fandy Setyo Nugroho
4. Briptu Luar Biasa Anumerta Syukron Fadhli
5. Briptu Luar Biasa Anumerta Wahyu Catur Pamungkas.
(dkp/fai)
FOKUS BERITA: Rusuh di Mako Brimob
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed