DetikNews
Jumat 04 Mei 2018, 19:32 WIB

Kejagung Kembalikan Berkas Penyelundup 1,6 Ton Sabu ke Bareskrim

Yulida Medistiara - detikNews
Kejagung Kembalikan Berkas Penyelundup 1,6 Ton Sabu ke Bareskrim Jampidum Noor Rachmad (Foto: Ari Saputra-detikcom)
Jakarta - Kejaksaan Agung (Kejagung) mengembalikan berkas penyelundupan 1,6 ton sabu di Batam, Kepulauan Riau. Berkas dikembalikan ke Bareskrim Polri karena belum lengkap.

"Berkas 1,6 ton sabu dikembalikan lagi P-19 ke Bareskrim," kata Jampidum Noor Rachmad, di kantornya, Jl Sultan Hasanuddin, Jakarta Selatan, Jumat (4/5/2018).

Seperti diketahui berkas penyelundupan 1,6 ton sabu ke Batam dilimpahkan penyidik Bareskrim pada Kamis (18/4/2018). Setelah 14 hari diteliti akhirnya berkas tersebut dikembalikan ke penyidik.



Noor mengatakan kasus tersebut dikembalikan ke penyidik karena belum memenuhi kelengkapan dari sisi formil dan materil.

Sebelumnya, petugas gabungan Bareskrim, Polda Metro Jaya, dan Bea-Cukai mengungkap penyelundupan 1,6 ton sabu di wilayah Batam, Kepulauan Riau (Kepri). Tim A satgas laut yang dipimpin AKBP Gembong dengan Bea Cukai menangkap satu kapal Taiwan yang berbendera Singapura.



Ada 4 tersangka WN Taiwan dalam perkara ini, yakni 1 nahkoda, dan 3 ABK warga negara China. Mereka adalah Tan Mai (69), Tan Yi (33), Tan Hui (43) sebagai nakhoda, dan Liu Yin Hua (63).

Ini adalah pengungkapan kasus penyelundupan narkotika terbesar. Sebelumnya Satgas Merah Putih Polri mengamankan 1 ton sabu dan BNN beberapa waktu lalu mengamankan 1,3 ton sabu.



(yld/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed