DetikNews
Senin 30 April 2018, 16:00 WIB

Tarik Motor Kakek hingga Tewas Jantungan, Debt Collector Dibekuk

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Tarik Motor Kakek hingga Tewas Jantungan, Debt Collector Dibekuk Ketiga debt collector Barudin, Yusuf, Anton yang ditangkap polisi (Foto: Ahmad Bil Wahid/detikcom)
Tangerang - Polisi menangkap tiga orang debt collector di Teluknaga, Tangerang. Mereka memeras dan mencoba merampas sepeda motor korban, Yakub (67), sehingga korban yang menderita penyakit jantung pun tewas.

"Korban kaget dan tertekan, lalu jantungan dan korban pingsan. Lalu langsung dibawa ke rumah sakit dalam keadaan meninggal oleh pelaku," kata Kapolsek Teluknaga, AKP Fredy Yudha Satria di Polsek Teluknaga, Senin (30/4/2018).

Kapolsek Teluknaga AKP Fredy Yudha Satria merilis penangkapan tiga debt collectorKapolsek Teluknaga AKP Fredy Yudha Satria merilis penangkapan tiga debt collector Foto: Ahmad Bil Wahid/detikcom

Ketiga tersangka yang sudah ditangkap yakni Barudin (39), Yusuf (46), Anton (42). Mereka ditangkap pada Minggu (29/4) lalu di tempat tinggal masing-masing.

Aksi itu dilakukan para pelaku pada Kamis, 19 April lalu. Saat itu korban Yakub sedang berjualan ikan menggunakan sepeda motor di Jalan Raya Rengas, Kosambi, Tangerang. Pelaku lalu datang dan memberitahu korban bahwa sepeda motornya sudah menunggak dan memaksa untuk menarik sepeda motor korban.

"Pelaku menerangkan kepada korban bahwa motor yang digunakan tersebut mengalami tunggakan selama 8 bulan," ujarnya.


Mendengar hal itu, Yakub langsung pingsan dan dilarikan para pelaku ke rumah sakit. Barudin dkk itu pun membatalkan rencananya menarik sepeda motor korban.

Selain menangkap 3 orang, polisi juga masih memburu pelaku lainnya yang berinisial AB. Mereka dijerat pasal 368 KUHP subsider 365 KUHP tentang Pemerasan dengan ancaman 9 tahun penjara.

"Pelaku kerja lepas di jasa penarikan motor. Tidak ada surat tugas dari leasing yang ataupun sertifikat fiducia," pungkasnya.
(abw/ams)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed