DetikNews
Minggu 29 April 2018, 13:06 WIB

1.400 Pelajar Banyuwangi Meriahkan Festival Baca Alquran

Raras Prawitaningrum - detikNews
1.400 Pelajar Banyuwangi Meriahkan Festival Baca Alquran Foto: Dok Pemkab Banyuwangi
Jakarta - Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan, Pemerintah Kabupaten Banyuwangi menggelar Festival Tahfidz 2018. Sekitar 1.400 hafiz dan hafizah cilik dari 247 Madrasah Ibtidaiyah (MI) se-Banyuwangi mengikuti festival baca Alquran ini.

Festival Tahfidz 2018 yang digelar dengan bantuan kerja sama dari Kementerian Agama dan Kelompok Kerja Madrasah Ibtidaiyah (KKMI) Kabupaten Banyuwangi ini digelar di Taman Blambangan, Banyuwangi pada Sabtu (28/4/2018).

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengungkapkan rasa bangganya melihat ribuan anak yang sudah menjadi hafiz dan hafizaah.

"Dengan difestivalkan semacam ini, akan menambah kepercayaan tinggi pada anak-anak untuk lebih cinta Alquran," kata Anas dalam keterangan tertulisnya.

Menurutnya, festival ini juga sangat menginspirasi pemerintah untuk membudayakan generasi Banyuwangi cinta Alquran.

"Ke depan gelaran ini bisa disinergikan dengan agenda besar Banyuwangi Festival agar anak-anak semakin percaya diri dan bersemangat dalam mencintai Alquran," katanya.

Saat membuka Festival Tahfidz 2018, Anas menceritakan pengalamannya waktu bersekolah di MI. Ia mengaku sekolah di MI memberikan pengalaman dan pembelajaran yang hebat untuknya.

"Dulu saya pernah belajar di MI. Ada banyak pengalaman yang saya dapatkan, pengalaman ilmu agama, dan umum. Madrasah ini memiliki kekuatan yang hebat untuk mengantarkan siswanya mencapai cita-cita. Karena itu, kalian punya kesempatan yang sama. Silakan ambil peran kalian masing-masing di sekolah," jelas Anas.

Muhammad Nazi yang merupakan siswa MI Raudlotul Ulum Banyuwangi ini terdengar fasih mengumandangkan firman Allah. Nazi sudah hafal juz 30 sejak kelas IV.

"Alhamdulilah sudah hafal juz 30 sejak dua tahun lalu. Senang juga hadir bareng penghafal Alquran yang lain," ucapnya.

Peserta lainnya Bilqis Sains Acna Sada, siswi MI 3 Banyuwangi mengaku senang menghadiri acara ini. Bilqis telah hafal 37 surat di juz terakhir.

"Mudah-mudahan saya bisa menambah hafalan Alquran. Melihat yang lain hafal, saya ingin nambah hafalan surat saya," kata Bilqis.

Ketua KKMI Kabupaten Banyuwangi Abdul Hafidz mengatakan sebelum festival ini diadakan, siswa dan guru di sekolah-sekolah MI se-Banyuwangi mengadakan kegiatan khatam Alquran terlebih dahulu.

"Sebagai puncak dari khataman tersebut, kami gelar Festival Tahfidz dengan membaca juz 30," paparnya.

Festival ini diawali dengan salat duha bersama di lapangan lalu dilanjutkan dengan kegiatan melantunkan ayat-ayat suci Alquran secara berjamaah dengan dipimpin 100 hafiz dan hafizah terpilih.
(ega/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed