detikNews
Sabtu 28 April 2018, 15:25 WIB

Begini Cerita di Balik Tabung Gas yang Meledak di MCK

Yuni Ayu Amida - detikNews
Begini Cerita di Balik Tabung Gas yang Meledak di MCK Lokasi ledakan tabung gas di kampung melayu (Foto: Yuni Ayu Amida/detikcom)
Jakarta - Ketua RT 12/RW 02 Kampung Melayu, Jatinegara, Cipto Suprianto menceritakan kronologis ledakan tabung gas yang melukai 8 orang di wilayahnya. Menurutnya, tabung gas yang meledak adalah milik warga.

"Warga saya beli gas, dipasang, tapi bocor. Setelah bocor dia ditolong sama tetangga, ditutup pake kain lap," kata Cipto saat ditemui di RS Herimna Jatinegara, Jakarta Timur, Sabtu (28/4/2018).


Ia menyatakan tabung gas yang bocor itu kemudian dibawa ke WC umum di sekitar lokasi. Saat sampai di WC umum itu barulah terjadi ledakan.

Cipto memperkirakan ada pengguna WC umum yang sedang merokok hingga memicu ledakan. Namun, hal itu baru sebatas dugaan Cipto.

"Terus dibawa sama Amin (warga) ke WC kurang lebih 20 meter, lari. Habis sampai WC, direndam. WC umum ada 12 pintu. Di situ terjadi ledakan. Mungkin itu ada orang buang hajat sambil ngerokok. Tapi itu kemungkinan, karena nggak mungkin ada asap kalau nggak ada api," ucap Cipto.


Sebelumnya, polisi menyatakan ledakan terjadi akibat tabung gas bocor. Sebelum meledak, tabung gas itu sempat direndam di bak mandi.

"Karena panik oleh korban Abdulah Amin dibawa ke MCK umum kemudian direndam di bak mandi namun tiba tiba meledak. Mengingat pada saat itu di WC umum banyak orang, maka banyak yang menjadi korban ledakan di sekitar lokasi," ucap Kapolsek Jatinegara, Kompol Supadi.
(haf/nkn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com