DetikNews
Kamis 26 April 2018, 16:41 WIB

Data Sementara, 6.000-an Jiwa Terdampak Banjir Cilegon

Muhammad Iqbal - detikNews
Data Sementara, 6.000-an Jiwa Terdampak Banjir Cilegon Foto: iqbal
Cilegon - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cilegon mencatat 6.242 jiwa terdampak banjir yang terjadi pada Rabu (25/4). Dapur umum masih didirikan untuk melayani warga yang terkena dampak banjir.

"Untuk sementara 1.654 KK, jiwanya 6.242 jiwa, itu data sementara. Keseluruhan (yang terdampak banjir). Tapi mungkin masih dalam tahap pendataan, mungkin masih ada data nyusul," kata Kasi Kedaruratan dan Kebencanaan BPBD Kota Cilegon Ahmad Mafruh, Kamis (26/4/2018).

BPBD bersama PMI dan Dinas Kesehatan masih mendirikan dapur umum di markas PMI di wilayah Cibeber. Hal itu mengingat warga masih membereskan sisa-sisa banjir sehingga belum bisa memasak.

Namun beberapa warga sudah mulai beraktivitas sejak pagi tadi. Banjir di Cilegon diketahui telah surut sejak semalam. Kini warga masih sibuk membersihkan rumah-rumah mereka dari lumpur dan sampah yang terbawa arus.

"Dapur umum masih di markas PMI. Kayaknya perkiraan sore ini ditutup karena masyarakat sudah bisa beraktivitas. Tadi pagi sudah bisa sebenarnya, cuma mungkin masih ada yang belum bisa masak dan masih beres-beres," jelasnya.

Banjir Cilegon yang melanda ribuan rumah itu salah satu faktor penyebabnya adalah curah hujan tinggi, baik di Cilegon maupun Mancak, Kabupaten Serang. Jika terjadi hujan dengan intensitas tinggi di Mancak, Cilegon biasanya mendapat kiriman banjir.
(tfq/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed