DetikNews
Senin 23 April 2018, 12:06 WIB

Saat Ketum PPP Kagum Lihat Penampilan Paduan Suara Siswa SMP

Niken Widya Yunita - detikNews
Saat Ketum PPP Kagum Lihat Penampilan Paduan Suara Siswa SMP Foto: Ketua Umum PPP Romahurmuziy menyaksikan penampilan Pangudi Luhur Youth Choir (PLYC) (Dok. PPP)
Jakarta - Ketum PPP M. Romahurmuziy (Rommy) ikut menyaksikan paduan suara yang diisi oleh siswa-siswi SMP Pengudi Luhur. Rommy kagum dengan apa yang mereka tampilkan.



Menurutnya, penampilan Pangudi Luhur Youth Choir (PLYC) ini memadukan antara paduan dan kareografi dan paduan suara.

"Saya melihat keluwesan dalam mereka dalam menyanyi sekaligus menari tanpa mengganggu pita suara," kata Rommy, dalam keterangan tertulisnya, Senin (23/4/2018). Rommy mengatakan itu usai menyaksikan paduan suara bersama keluarga di Usmar Ismail Hall Kuningan, Jakarta.

Penampilan di bawah arahan conductor Sonia Nadya Simanjuntak ini disaksikan sejumlah musisi Indonesia seperti Erwin Gutawa dan Bens Leo ini. Penampilan ini merupakan persiapan mereka sebelum bertanding ke Venesia, Italia.

Rommy yakin paduan suara Pengudi Luhur ini akan kembali berpestasi di tingkat internasional.

"Saya melihat penampilan mereka begitu menonjol, dan semoga ini menjadi modal bagi kemenangan di ajang internasional," tambah Rommy.

Saat Ketum PPP Kagum Lihat Penampilan Paduan Suara Siswa SMP Foto: Penampilan Pangudi Luhur Youth Choir (PLYC) (Dok. PPP)


Apa yang dilakukan PLYC yang sudah banyak berprestasi sejak 2010 itu, lanjut Rommy merupakan rintisan yang sangat bagus karena paduan suara tingkat SMP sangat jarang. Paduan suara ini bisa direplikasi di banyak tempat untuk memunculkan paduan suara anak di Indonesia.



Rommy menuturkan, selama ini kita sering mengenal paduan suara mahasiswa, paling rendah SMA. Itupun banyak tidak digarap serius.

"Kalau setiap SMP menggarap paduan suara yang serius dengan didikan yang baik, maka hasilnya pun akan bisa diandalkan. Untuk mewujudkan perlu arrenger dari paduan suaranya sendiri dan kareografi yang harus bekerja sama-sama untuk melahirkan gaya baru. Sehingga paduan suara menjadi gabungan antara beberapa seni antara suara, musik, dan tari," jelas Rommy.


(nwy/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed