DetikNews
Senin 23 April 2018, 06:11 WIB

Ini Alasan Dishub DKI Berlakukan Ganjil-Genap Pukul 06.00 WIB

Arief Ikhsanudin - detikNews
Ini Alasan Dishub DKI Berlakukan Ganjil-Genap Pukul 06.00 WIB Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Dinas Perhubungan DKI Jakarta melakukan uji coba waktu kebijakan ganjil-genap dimulai dari pukul 06.00 WIB. Kebijakan ini lebih cepat satu jam dari jadwal biasanya yakni pukul 07.00 WIB.

Apa alasan kebijakan itu dimajukan?

Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Sigit Wijatmoko mengatakan, alasan uji coba ini dikarenakan wilayah di kota penyangga Jakarta memberlakukan sistem ganjil-genap pada pukul 06.00 WIB. Maka, Jakarta akan membuat kesesuaian dengan wilayah luarnya.

"Ini kita bicara daerah sekitar Jakarta seperti Bekasi, Tangerang dan Bogor, yang sudah dilakukan kebijakan ganjil-genap dari pukul 06.00 WIB sampai 09.00 WIB. Untuk efektivitas pemberlakuan tersebut, maka kita perlu ada tarikan sehingga mengubah pola," ucap Sigit Wijatmoko kepada detikcom, Minggu (22/4/2018).


Selain itu, dengan sistem ganjil-genap lebih pagi, Sigit mengatakan masyarakat akan lebih memilih menggunakan transportasi umum. Hal ini diharap akan mengurangi kemacetan di Jakarta.

"Masyarakat itu menyesuaikan waktu pemberlakuan ganjil-genap. Jadi ada dua opsi masyarakat. Berangkat lebih awal atau menggunakan transportasi publik," ucap Sigit.

Jadwal ganjil-genap ini masih dalam tahap uji coba selama satu minggu. Maka, pelanggaran ganjil genap dari pukul 06.00 WIB sampai 07.00 WIB tidak akan ditilang.

"06.00 WIB sampai pukul 07,00 WIB karena masih uji coba, maka kita tidak lakukan tindakan penilangan. Kalau (pelanggar) pukul 07.00 WIB sampai 10.00 WIB sudah berlaku tilangan," ucap Sigit.



Tonton juga video tentang Penjelasan Menhub Budi di Balik Aturan Ganjil Genap

[Gambas:Video 20detik]


(aik/rjo)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed