DetikNews
Rabu 18 April 2018, 17:15 WIB

PDIP Gagas Kerja Sama Parlemen untuk Dukung Kemerdekaan Palestina

Haris Fadhil - detikNews
PDIP Gagas Kerja Sama Parlemen untuk Dukung Kemerdekaan Palestina Pertemuan antara PDIP-Dubes Palestina (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta - PDIP menggagas kerja sama antar-parlemen untuk mendukung kemerdekaan Palestina. Kerja sama antara DPR RI dengan parlemen Palestina ini bakal menggalang kekuatan dari parlemen negara lain dalam menentang tindakan Israel terhadap Palestina.

"Kerja sama joint committee ini juga antara parlemen negara lain khususnya Asia dan Afrika," kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dalam keterangan yang diterima detikcom, Rabu (18/4/2018).


Hal itu disampaikan Hasto usai bertemu dengan Duta Besar Palestina untuk Indonesia, Zuhair Saleh Muhammad Al-Shun, di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat siang tadi. Ia juga menyatakan PDIP mengusulkan dilakukannya latihan bersama antara politikus Indonesia dan politikus Palestina untuk memperjuangkan kemerdekaan Palestina dengan ibu kota Yerusalem.

"Itu hal positif mengingat sebagai parpol PDI Perjuangan terus berproses menyiapkan pemimpin yang memiliki wawasan internasional dan tugas-tugas yang telah dirintis bangsa Indonesia dalam diplomasi internasional Konferensi Asia Afrika dan Gerakan Non-Blok yang berjuang demi kebangkitan kemerdekaan Palestina dengan ibukota Yerusalem," ujar Hasto.

"Penyelesaian Palestina secara menyeluruh tanpa Yerusalem (ibukota Palestina) tidak ada artinya," sambungnya.


Hasto juga menyinggung pesan Sukarno soal kemerdekaan Palestina. Menurutnya bangsa Indonesia akan terus berjuang menentang pendudukan Israel.

"Sebagaimana diketahui pada 1962 Bung Karno juga mengingatkan bahwa sepanjang kemerdekaan Palestina belum diperoleh, maka selama itu pula Indonesia berjuang menentang pendudukan Israel," ucapnya.

Selain Hasto, pertemuan ini juga dihadiri Ketua DPP Bidang Luar Negeri Andreas Pareira, Ketua DPP Bidang Bappilu Bambang DH, Ketua DPP Bidang Keagamaan yang juga Ketum PP Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi) Prof. Hamka Haq dan Sekum Bamusi, Nasyirul Falah Amru.
(haf/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed