DetikNews
Selasa 17 April 2018, 16:24 WIB

Anak Sekolah di Papua Selundupkan Ganja ke Lapas Abepura

Wilpret Siagian - detikNews
Anak Sekolah di Papua Selundupkan Ganja ke Lapas Abepura Foto: Thinkstock
Jayapura - Seorang pelajar PT (20) ditangkap karena menjadi kurir ganja untuk tahanan yan berada di LP Abepura, Jayapura. Dia diperintahkan oleh sepupunya untuk menyelundupkan barang tersebut.

"PT merupakan siswa kelas 12 SMA YPK Perbatasan RI-PNG. Dia membawa 152 butir ganja kering siap edar ke dalam Lapas Klas II Abepura," kata Kapolres Jayapura Kota, AKBP Gustav Urbinas, kepada wartawan di Mapolres Kota Jayapura, Selasa (17/4/2018).

Pelaku berusaha memasukkan ganja ke dalam botol shampo yang dikemas dalam alumunium foil berbentuk bulatan. Setelah ditangkap, PT mengaku baru pertama kali membawa paketan ganja ke dalam lapas.

Ia mengatakan diperintahkan oleh sepupunya ST yang mendekam di dalam lapas. PT sengaja menitipkan paketan ganja tersebut ke petugas lapas. Tak lama berselang, PT ditangkap tak jauh dari lapas tersebut.

"Temuan ini termasuk tinggi dibandingkan tahun lalu. Ada modus baru dalam penyelundupan ini yakni ganja disimpan dalam alumunium foil dan dibentuk bulat, menyerupai gula-gula atau permen," kata Gustav.

Selain kasus penyelundupan narkoba ke lapas, polisi juga menemukan landang ganja yang hanya berjarak 2,5 km dari markas Polsek Abepura. Ladang ganja tersebut berada di perbukitan Perumahan BTN Tanah Hitam, Kota Jayapura.

"Penemuan ladang ganja itu atas laporan warga yang sedang berburu babi hutan, lalu melihat ada tumbuhan mieop seperti ganja ditanam di lahan 5 x 4 meter, lalu dia mengambil daunnya dan membawa ke Polres Jayapura Kota untuk memastikan kalau itu pohon ganja, lalu dilakukan tindak lanjut," kata Gustav.

Saat dilakukan penyisiran di lokasi tersebut juga ditemukan 15 batang pohon ganja berukuran 1-2 meter. Hingga kini, pemilik ladang ganja tersebut saat ini masih dalam penyelidikan.

"Saat itu juga ke 15 batang pohon ganja itu langsung cabut dan diamankan ke Mapolres Jayapura Kota," ujarnya.


(tfq/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed