DetikNews
Minggu 15 April 2018, 13:36 WIB

Usai Kawal Rp 1.000 Triliun, Jaksa Kenalkan TP4 ke Seluruh DPRD

Rivki - detikNews
Usai Kawal Rp 1.000 Triliun, Jaksa Kenalkan TP4 ke Seluruh DPRD Foto: Kejagung Temui Sekwan Se-Indonesia (ist)
Jakarta - Kejagung menemui sekretaris DPRD Kabupaten/Kota seluruh Indonesia. Dalam pertemuan itu, Kejagung memperkenalkan Tim Pengawal APBD untuk mencegah korupsi di pemda-pemda.

Tim pengawal APBD itu adalah Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan (TP4). Dalam pertemuan itu, Jamintel Kejagung Jan S Maringka mengatakan, TP4 sudah mengawal hampir Rp 1.000 triliun anggaran pembangunan nasional. Diharapkan, TP4 juga bisa mengawal anggaran pembangunan daerah.


"Salah satu muara penyimpangan hukum adalah sistem perencanaan yang asal-asalan. Padahal, kata dia, dalam menyusun program pemangku kebijakan sudah harus memperkirakan risiko serta hambatan yang akan dihadapi. Program yang disusun harus mudah diaplikasikan dan memberikan manfaat bagi masyarakat," ujar Jan, dalam keterangannya, Minggu (15/4/2018).

Jan menambahkan, TP4 saat ini sudah mengawal sebanyak Rp 977,08 triliun. Dana yang dikawal itu merupakan dana dari kementerian-kementerian dan BUMN-BUMN. Tak hanya di dalam negeri, pada akhir tahun 2017 TP4 juga memperoleh kepercayaan melakukan pengawalan dan pengamanan terhadap Pembangunan Gedung Pelayanan Satu Atap sebesar 6 Juta Real Arab Saudi atau senilai Rp 37 miliar pada KJRI Jeddah di Arab Saudi.



Menanggapi itu, Ketua Umum Asdeksi Tri Puguh Priyadi tertarik dengan TP4. Menurutnya, TP4 adalah paradigma baru pemberantasan korupsi yang mengedepankan unsur pencegahan. Ia mengaku, telah mendengar testimoni mengenai pengawalan dan pengamanan dari TP4 yang menjadi katalisator proyek strategis nasional. Agar dirinya dan jajaran Asdeksi dapat mengenal lebih lanjut mengenai TP4, Tri Puguh berencana untuk mengundang Jamintel dan Satgas TP4 untuk menghadiri Rakornas Asdeksi.

"Selain untuk lebih menajamkan pemahaman kami terhadap TP4, juga menyelaraskan sinergi antara Kejaksaan dan DPRD," kata Tri Puguh.




(rvk/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed