Ketua MPR: Sekarang Tahun Politik, Jangan Bawa SARA!

Muhammad Idris - detikNews
Kamis, 05 Apr 2018 16:54 WIB
Ketua MPR Zulkifli Hasan bertemu Hipakad
Jakarta - Ketua MPR, Zulkifkli Hasan, berharap tak ada lagi kegaduhan yang berkaitan dengan suku, agama, ras, dan antar golongan (SARA) di Indonesia. Apalagi menurutnya, negara ini tengah memasuki tahun politik.

Hal itu disampaikannya saat bertemu dengan Himpunan Putera Puteri Keluarga Besar TNI Angkatan Darat (Hipakad) di ruang kerja Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (5/4/2018).

"Dalam tahun politik ini kita lebih memperkuat persatuan. Kita sudah selesai dengan persoalan SARA. Jadi jangan lagi membawa-bawa soal SARA. Ini (sekarang) tahun politik, isu politik boleh tapi jangan bawa SARA," kata Zulhasan, sapaan akrabnya.


Zulkifli juga menegaskan, saat pilkada, pileg, dan pilpres bukan berarti mempertaruhkan segala-galanya. Menurutnya, pemilu adalah peristiwa biasa setiap lima tahun.

"Jadi jangan mempertaruhkan segalanya. Masa kita harus berkelahi gara-gara pilkada, pileg, atau pilpres," ucapnya.


Sementara itu, Ketua Umum Hipakad, Hariara Tambunan, menyebutkan organisasinya saat ini fokus pada sosialisasi wawasan kebangsaan. Sejak berdiri tahun 1963, Hipakad sempat vakum selama beberapa tahun.

"Sekarang kita mulai aktifkan kembali. Hipakad ikut aktif merespons dinamika yang terjadi, tetapi dalam politik Hipakad bersikap netral. Hipakad independen," pungkas Hariara.

(idr/ega)