DetikNews
Rabu 04 April 2018, 12:58 WIB

Balita di Riau Positif Narkoba, Ortu Diminta Perhatikan Jajanan

Audrey Santoso - detikNews
Balita di Riau Positif Narkoba, Ortu Diminta Perhatikan Jajanan Foto: Ilustrasi tangan ibu dan anak. (thinkstock)
Jakarta - Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Heru Winarko mengimbau orang tua agar memperhatikan jajanan anak-anak mereka. Langkah ini untuk mencegah anak dari bahaya narkoba seperti kasus balita di Meranti, Riau yang diduga positif narkoba akibat mengonsumsi permen.

"Ibu-ibu, anaknya yang jajan, perhatikan apa yang dikonsumsi anaknya" kata Heru Winarko di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (4/4/2018).


Menutup Heru, tak menutup kemungkinan sindikat narkoba memakai modus baru melalui produk jajanan anak. BNN akan berkoordinasi dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

"Bisa jadi (modus baru, red). Kita akan kerjasama dengan BPOM," ucapnya.


Terkait kasus balita diduga positif narkoba di Riau, Heru menjelaskan belum ada hasil pemeriksaan kembali, baik dari BPOM maupun dari aparat untuk memastikan balita itu benar positif narkoba. Diketahui, Direktorat IV Tindak Pidana Narkotika Bareskrim Polri juga sedang memeriksa urine si balita

"Hasil (pengecekan ulang)-nya belum keluar," ujar Heru.


Sebelumnya, balita 3,8 tahun, berdasarkan tes urine yang dilakukan sebuah rumah sakit di Meranti, dinyatakan terindikasi positif narkoba. Peristiwa itu bermula pada Jumat (30/3) sore, ketika si balita memakan permen yang dibelikan oleh kakeknya.

Pada malam harinya, bocah itu dianggap bertingkah laku aneh. Anak perempuan itu tidak mau tidur sampai pagi dan ngoceh tak keruan.


(idh/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed