detikNews
Selasa 03 April 2018, 12:58 WIB

100% Ujian Nasional SMK di Kalteng Berbasis Komputer

Muhammad Idris - detikNews
100% Ujian Nasional SMK di Kalteng Berbasis Komputer Foto: Dok. Pemprov Kalteng
Palangka Raya - Para siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sudah mulai melaksanakan Ujian Nasional (UN), tak terkecuali para pelajar vokasi di Kalimantan Tengah (Kalteng). Ada 129 sekolah yang mengikuti ujian yang berlangsung hingga 5 April 2018 di provinsi tersebut.

Berbeda dengan tahun lalu, semua SMK di Kalteng tahun ini sudah 100% mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Dari lima provinsi di Pulau Kalimantan, baru Kalteng yang sudah 100% ujian berbasis komputer. Sementara pada 2017, hanya 20% SMA/SMK melaksanakan UNBK.


Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran, memang tengah mengebut peningkatan kualitas penyelenggaraan di wilayahnya. Bantuan unit komputer dan jaringan dikucurkan untuk pelaksanaan UNBK ini bisa maksimal, termasuk di antaranya dari program CSR.

Sehingga untuk tahun pelajaran 2017/2018 ini, selama empat hari, para siswa tidak lagi menghadapi Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP), di mana siswa mengerjakan pada Lembar Jawaban Komputer (LJK) seperti tahun-tahun sebelumnya.

"Kita ingin percepat peningkatam kualitas pengajaran meningkat, dan pelaksanaan ujian berbasis komputer bisa terlaksana seluruhnya, semua sekolah," kata Sugianto dalam keterangan tertulisnya, Selasa (3/4/2018).

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kalteng, Slamet Winaryo menyebut, UNBK SMK yang berlangsung 2-5 April 2018 diikuti 129 sekolah dengan jumlah peserta 9.662 siswa. Sekolah terbanyak pelaksana UNBK di Kabupaten Kotawaringin Timur, yaitu 24 sekolah.


"Pelaksanaan UNBK setiap harinya tiga sesi. sesi I mulai puku 07.30 WIB, sesi II mulai pukul 10.30 WIB dan sesi III mulai pukul 14.00 WIB. Ujian nasional SMK di Kalteng tahun ini 100% sudah UNBK," terang Slamet.

Ada empat mata pelajaran yang akan diujikan yaitu Bahasa Indonesia, matematika, Bahasa Inggris, dan teori kejuruan. Selain itu akan ada ujian sertifikasi kompetensi yang akan diuji Lembaga Sertifikasi Profesi.

Sementara pada 9-12 April 2018 mendatang, akan digelar ujian nasional SMA dan MA. Sebanyak 368 SMA dan 34 MA serta 6 SMALB di Kalteng melaksanakan dalam bentuk UNBK dan UNKP.
(idr/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed