detikNews
Jumat 30 Maret 2018, 12:37 WIB

Harmonisnya Ibadat Jumat Agung di Katedral dan Jumatan di Istiqlal

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Harmonisnya Ibadat Jumat Agung di Katedral dan Jumatan di Istiqlal Suasana ibadat di Gereja Katedral (Foto: Marlinda Oktavia Erwanti/detikcom)
Jakarta - Humas Gereja Katedral Susyana Suwadie yakin ibadat Jumat Agung akan berlangsung harmonis dengan ibadah salat Jumat di Masjid Istiqlal. Sebab, peribadatan ini sudah berlangsung setiap tahunnya.

"Karena sudah berlangsung setiap tahun sih biasanya lancar saja. Umat juga sudah tahu kalau kita juga berbarengan saat Jumatan," ujar Susyana, di Gereja Katedral, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Jumat (30/3/2018).


Harmonisasi tersebut, juga diwujudkan oleh disediakannya lahan parkir bagi umat gereja Katedral di Masjid Istiqlal. Saat salat Jumat berlangsung, nantinya umat akan diarahkan ke tiga lokasi parkir yang disediakan.

Harmonisnya Ibadat Jumat Agung di Katedral dan Jumatan di IstiqlalFoto: Marlinda Oktavia Erwanti/detikcom
"Biasanya parkir itu disediakan karena kami tidak punya lokasi parkir jadi lokasi parkir biasanya disediakan pihak pengelola Masjid Istiqlal untuk digunakan umat. Kemudian juga di Santa Ursula dan kantor pos serta bengkel angkat darat sebelah. Saat jumatan kemungkinan umat bisa parkir di tiga lokasi parkir lainnya. Nani ibadat kedua baru setelah jumatan selesai," tuturnya.


Susyana juga mengaku selama ini pihak Katedral selalu melakukan komunikasi dengan Masjid Istiqlal. Bahkan beberapa kolaborasi antara Katedral dengan Istiqlal juga telah beberapa kali dilakukan.

"Terutama untuk kunjungan kenegaraan," ungkapnya.

Hari ini, Gereja Katedral menggelar ibadat Jumat Agung. Selain Jalan Salib, pada ibadat Jumat Agung ini juga digelar tiga jadwal ibadat. Ibadat pertama pada pukul 12.00 WIB, ibadat kedua pukul 15.00 WIB, dan ibadat ketiga pukul 18.00 WIB.
(rna/rna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com