DetikNews
Rabu 21 Maret 2018, 09:50 WIB

Komnas HAM akan Berkoordinasi dengan Polisi Terkait Kasus Novel

Haris Fadhil - detikNews
Komnas HAM akan Berkoordinasi dengan Polisi Terkait Kasus Novel Foto: Komnas HAM, Romo Magnis, dan Alissa Wahid membentuk tim pantau kasus Novel Baswedan. (Seysha-detikcom)
Jakarta - Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik menyatakan akan berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk mengungkap kasus teror air keras terhadap penyidik KPK, Novel Baswedan. Ia menyatakan sudah ada komunikasi informal dengan Kapolri.

"Informal sudah, tempo hari pak Kapolri juga pernah datang ke Komnas HAM. Jadi kita memang selalu ada komunikasi. Secara formal terkait dengan tim pemantau kasus Novel Baswedan ini belum. Tapi kalau informal kita sering berkomunikasi," kata Taufan saat dihubungi detikcom, Selasa (20/3/2018) malam.

Menurutnya hubungan antara Komnas HAM dan Polri diatur dalam sebuah MoU. Taufan menyatakan bakal melakukan pertemuan secara formal dengan pihak kepolisian.


"Komnas HAM ini punya mekanisme yang sudah dibentuk dalam MoU dengan Polri. Kalau ditanya apakah kami berkomunikasi, pasti berkomunikasi dengan pihak Polri dimanapun itu," ucap Taufan.

"Kalau kaitannya dengan tim pemantau ini nanti pasti kita akan lakukan secara formal. Berkunjung atau mengundang itu soal mekanisme saja, bisa kami datang atau kami mengundang," sambungnya.

Taufan menyatakan tim pemantau dibentuk untuk memperkuat kepolisian dalam mengungkap kasus teror terhadap Novel. Ia juga mengaku ada fakta baru yang ditemukan oleh tim pemantau.



"Tentu untuk mendukung penyelidikan yang sedang dikerjakan polisi yang sudah hampir satu tahun ini belum selesai," ujarnya.

Sebelumnya, polisi tak mempermasalahkan pembentukan tim pemantau kasus penyerangan air keras terhadap Novel oleh Komnas HAM. Tapi, polisi meminta Komnas HAM memberikan informasi yang diperoleh tim pemantau.

"Lembaga lain membuat, mencari, (memberi) informasi itu tidak masalah, biarkan serahkan ke kepolisian. Nanti ditindaklanjuti," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono di Mapolda Metro, Jalan Sudirman, Jakarta.
(haf/nvl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed