DetikNews
Senin 19 Maret 2018, 13:18 WIB

Semarak Festival #BaliSafe di Den Haag

Rina Atriana - detikNews
Semarak Festival #BaliSafe di Den Haag Perayaaan #BaliSafe Festival di Den Haag Belanda (Foto: Dok. KBRI Den Haag)
Den Haag - Komunitas Bali di Belanda dan beberapa negara Eropa lainnya menggelar #BaliSafe Culltural Festival 2018 di Den Haag. Festival tersebut sekaligus merayakan Nyepi dan Saraswati.

Berdasarkan keterangan KBRI Den Haag, Senin (19/3/2019), kegiatan dimulai dengan persembahyangan bersama umat Hindu dan Dharma Wacana oleh Wayan Sulestra yang menyampaikan makna dari Nyepi. Acara digelar di Aula Nusantara KBRI Den Haag.

Lebih dari 250 orang hadir dalam acara tersebut. Berbagai pertunjukan kesenian Bali ditampilkan seperti tari pendet, panyembrahma, tari baris, panji semirang, truna jaya, sekar jagad,

Semarak Festival #BaliSafe di Den HaagFoto: Dok. KBRI Den Haag
Banyak warga Belanda yang hadir dan turut menikmati festival tersebut. Duta Besar RI Den Haag I Gede A Wesaka Puja muncul mementaskan tari topeng tua dan topeng sidakarya.

#BaliSafe Cultural Festival 2018 dimeriahkan oleh sekitar 50 pemain gamelan, dan beberapa penari dari sanggar tari di Belanda, Italia, Belgia dan Jerman.

Tujuan diadakannya #BaliSafe Cultural Festival 2018 untuk mengingatkan warga Belanda dan Eropa umumnya akan keindahan Pulau Bali dan juga situasi Gunung Agung yang sudah aman.

"Diharapkan tahun 2018, dengan perekonomian Belanda yang membaik, Bali dapat menjadi salah satu tujuan utama wisata turis Belanda. Penyelenggaraan #BaliSafe Cultural Festival 2018 merupakan strategi promosi untuk mempromosikan dan meningkatkan ketertarikan atas budaya Bali di Eropa," tutur Dubes I.G Waseka Puja.
(rna/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed