DetikNews
Rabu 14 Maret 2018, 22:00 WIB

Saat Asian Games, Bus TransJ Diusulkan Ngebut sampai 80 Km/Jam

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Saat Asian Games, Bus TransJ Diusulkan Ngebut sampai 80 Km/Jam Ilustrasi bus TransJakarta (Indra Komara/detikcom)
Jakarta - Bus TransJakarta (TransJ) diusulkan menambah kecepatan hingga 80 kilometer per jam saat pergelaran Asian Games di Ibu Kota. Strategi itu disiapkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta agar TransJ dapat mengejar waktu tempuh.

"Setelannya akan sampai 100 kilometer per jam. Tapi kita maksimal 80 kilometer per jam, sesuai dengan aturan 80 kilometer per jam," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga DKI Ratiyono di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (14/3/2018).


Bus TransJ yang diusulkan untuk ngebut itu adalah bus yang akan mengantar para atlet di Asian Games. Personel Dinas Perhubungan (Dishub) DKI pun disiagakan untuk mengawal bus TransJ ketika beroperasi. Kecepatan maksimal 80 kilometer per jam itu, disebut Ratiyono, terutama dapat diterapkan ketika arus lalu lintas sedang sepi.

"Bisa (ngebut) nanti itu pokoknya ketika jalanan sepi jangan lambat," ujar Ratiyono.


Selain itu, Ratiyono mengaku ada instruksi dari pemerintah pusat terkait penggratisan jalan tol. Hal itu, disebut Ratiyono, akan diatur Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK).

"Nanti dirapatkan kalau ada Asian Games nanti digratiskan, nanti yang mengatur Kementerian PMK," terangnya.

Pemerintah pusat melalui Kemenko PMK menargetkan waktu tempuh dari Wisma Atlet di Kemayoran ke GBK tak lebih dari 34 menit. Pemprov DKI sendiri masih mengkaji wacana meliburkan anak sekolah ataupun mengubah jam kantor.
(fdu/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed