DetikNews
Senin 26 Februari 2018, 16:26 WIB

Pulang dari Jepang, Sandiaga Gagas 'Diplomasi Gorila'

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Pulang dari Jepang, Sandiaga Gagas Diplomasi Gorila Sandiaga menyambangi Khofifah. (M Fida/detikcom)
Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga baru saja kembali ke Indonesia setelah menemui Wali Kota Tokyo. Sandiaga mengatakan akan menggagas pertukaran gorila sebagai bagian dari diplomasi.

"Yang menarik adalah kerja sama pertukaran gorila. Karena di Ragunan banyak gorila laki-laki. Kebun binatang di Ueno, Tokyo, justru banyak gorila perempuan dan sangat lonely, mungkin ada pertukaran bukan hanya pelajar, tapi juga pertukaran gorila," kata Sandiaga di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (26/2/2018).


Tak hanya soal gorila, Sandiaga mengatakan kunjungan kerja itu juga menyinggung kerja sama pariwisata dengan Jepang. Salah satunya mendorong peningkatan jumlah turis dari Jepang ke Indonesia.

"Turis Indonesia ke Jepang naik setelah ada e-paspor, ada kemudahan. Tapi kunjungan Jepang ke Indonesia stagnan. Nanti didorong JKT48, Melody akan jadi duta pariwisata," jelasnya.


Sementara itu, Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP DKI Edy Junaedi mengatakan pertukaran gorila sudah menjadi kesepakatan kedua kota. Meski demikian, pihaknya masih mengkaji teknis pertukaran tersebut.

"Itu nanti dibicarakan antarkepala (kebun binatang). Ini baru dalam tahapan bertemu Wakil Gubernur dengan Wali Kota. Jadi sudah disepakati, hanya masalah teknis," terangnya.
(fdu/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed