DetikNews
Sabtu 24 Februari 2018, 22:55 WIB

Cerita Jokowi Dititipi Pesan Presiden Afghanistan Jaga Persatuan RI

Andhika Prasetia - detikNews
Cerita Jokowi Dititipi Pesan Presiden Afghanistan Jaga Persatuan RI Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Sentul - Presiden Jokowi mendapat titipan pesan dari Presiden Afghanistan Ashraf Ghani untuk menjaga persatuan di Indonesia. Sebab, RI merupakan bangsa yang majemuk.

"Apa yang disampaikan Presiden Ashraf Ghani? Hati-hati Presiden Jokowi, negaramu negara besar, 260 juta penduduk adalah negara besar. Tetapi beragam, 714 suku yang ada di Indonesia sangat besar sekali. Di Afghanistan hanya ada 7 suku," ujar Jokowi di Sentul International Convention Center, Bogor, Jabar, Sabtu (24/2/2018).

Pesan yang disampaikan Ghani kepada Jokowi, jika terjadi konflik, segera selesaikan. Kerukunan antar sesama rakyat harus dijaga.

"Oleh sebab itu, dijaga yang namanya kerukunan antar tetangga, dijaga kerukunan persaudaraan antar kampung, dijaga persaudaraan antar suku. Dan pesan yang paling tegas, kalau ada pertikaian antar tetangga, segera selesaikan, ada ada pertikaian antar kampung segera selesaikan. Kalau ada perang antar suku, cepat-cepat selesaikan jangan sampai seperti di Afghanistan," paparnya.

Jokowi juga menceritakan kunjungan kerjanya ke Afghanistan. Ia sempat meminta naik mobil panser menuju Istana Kepresidenan Afghanistan, tetapi ditolak. Selain itu, Indonesia juga diminta membantu menyelesaikan konflik di Afghanistan.

"Empat puluh tahun sampai sekarang belum selesai-selesai. Presiden Ashraf Ghani meminta Indonesia memediasi terhadap kelompok yang bertikai. Jadi kita ke sana dalam rangka ikut mendamaikan," ujarnya.

Jokowi juga cerita bahwa ia mendapat jaminan keamanan dari Presiden Afghanistan. Sebab, saat itu Afghanistan baru saja dilanda teror bom.

"Ada yang bertanya ke saya 'Pak Jokowi ke Afghanistan takut nggak?'. Saya sampaikan apa adanya, tidak. Saya sudah memasrahkan kepada Allah dan hidup, mati itu sudah ada yang menentukan," bebernya.
(dkp/nkn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed