DetikNews
Sabtu 24 Februari 2018, 22:32 WIB

Jokowi: Sebagai Umara, Saya Berkepentingan Mendapat Saran Para Ulama

Andhika Prasetia - detikNews
Jokowi: Sebagai Umara, Saya Berkepentingan Mendapat Saran Para Ulama Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Sentul - Presiden Jokowi berpesan silaturahmi antara ulama dengan umara (pemerintah) harus selalu dijaga. Menurutnya, ulama berperan besar di bangsa ini.

"Marilah kita jaga ukhuwah islamiyah kita, ukhuwah wataniah kita, ukhuwah basariah kita. Silaturahmi antara ulama dan umara (pemimpin pemerintahan-red) harus selalu kita tingkatkan karena selain ilmu agama yang memandu kita dalam bekerja," ujar Jokowi.



Hal ini disampaikan saat memberikan pidato di acara Festival Sholawat Nusantara Piala Presiden di Sentul International Convention Center, Bogor, Jabar, Sabtu (24/2/2018).

"Bagi kita pemerintah, ulama penyalur suara masyarakat, penyalur suara rakyat, penyalur suara umat, dan sebagai umara saya juga berkepentingan memperoleh saran, wejangan, dan tausiah dari para ulama yang hadir pada acara malam ini," tambahnya.

Jokowi juga menitipkan pesan kepada masyarakat supaya menjaga persatuan di tahun politik. Terutama saat Pilkada 2018 berjalan.

"Silakan dipilih pemimpin yang paling baik. Berbeda pilihan boleh-boleh saja, silakan. Tetapi setelah pilihan, beda pilihan nggak apa-apa antar tetangga, beda pilihan nggak apa-apa antar keluarga, setelah itu marilah kita rukun kembali, bersatu kembali sebagai saudara sebangsa dan setanah air," kata Jokowi.

Untuk menjaga persatuan, Jokowi mengimbau agar tak ada lagi saling memusuhi. Jokowi juga mengajak supaya tak ada lagi upaya saling fitnah satu dengan lainnya.

"Jangan lagi kita berburuk sangka terhadap saudara kita, jangan lagi kita saling menjelek-jelekkan saudara kita, jangan lagi kita mencemooh di antara kita sebagai bangsa. Jangan lagi kita berprasangka buruk, suuzan satu sama lain. Jangan lagi kita saling mencela dan memfitnah di antara kita. Setuju nggak?" paparnya.
(dkp/nkn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed