DetikNews
Jumat 23 Februari 2018, 09:42 WIB

Saat Jokowi Merasa Terhormat Pidato di Atas Lokasi Perang Puputan

Andhika Prasetia - detikNews
Saat Jokowi Merasa Terhormat Pidato di Atas Lokasi Perang Puputan Presiden Jokowi. Foto: Andhika Prasetya/detikcom
Kab. Tabanan - Presiden Joko Widodo (Jokowi) merasa terhormat dapat berpidato di Taman Pujaan Bangsa, Bali. Sebab, tempat ini merupakan saksi bisu gugurnya pahlawan nasional saat Perang Puputan Margarana tahun 1949.

"Saya amat berbahagia sekali bisa hadir dalam tempat mulia ini, di mana dalam perang Puputan dalam 1949, pahlawan besar kita, Bapak I Gusti Ngurah Rai gugur di tempat ini dalam rangka mempertahankan martabat dan harga diri kita bangsa Indonesia melawan penjajahan Belanda pada saat itu," ujar Jokowi di Taman Pujaan Bangsa, Candi Margarana, Tabanan, Bali, Jumat (23/2/2018).

Di tempat ini tertulis nama-nama pahlawan nasional yang gugur dalam Perang Puputan. Salah satunya I Gusti Ngurah Rai.

"Ini tempat mulia, saya sangat bahagia bisa hadir di tempat ini," kata Jokowi.

Di tempat ini, Jokowi membagikan 15.000 sertifikat tanah. Ia menargetkan, tahun depan warga di provinsi Bali sudah mendapatkan sertifikat.

"Saya perintahkan Menteri BPN, 'Pak saya nggak mau tahu, 5 juta sertifikat harus keluar. Caranya gimana? Nggak tahu, yang penting harus keluar. Tahun ini 7 juta'. Ada yang curhat 'Pak, saya dari kecil belum punya sertifikat'. Kita patut bersyukur tahun depan, Bali provinsi yang semuanya pegang sertifikat," jelas Jokowi di hadapan warga.
(dkp/bag)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed