DetikNews
Senin 19 Februari 2018, 12:11 WIB

Polri Bantah Gelar Rapat Bahas Kabar Kepulangan Habib Rizieq

Audrey Santoso - detikNews
Polri Bantah Gelar Rapat Bahas Kabar Kepulangan Habib Rizieq Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta - Beredar dokumen surat telegram dari Kapolri yang memerintahkan digelar rapat untuk membahas kabar kepulangan Habib Rizieq. Polri membantah menggelar rapat itu.

Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto menerangkan rapat sekadar membahas pengamanan tempat ibadah dan tokoh agama. Pembahasan, menurut Setyo, hanya dilakukan secara umum.

"Pak Waka menegaskan dan mengingatkan terkait pengamanan tempat ibadah dan tokoh agama. Ini menjadi penting karena ada kejadian yang memang faktanya demikian, ada penganiayaan kepada tokoh agama tapi kemudian berkembang adanya isu-isu yang tidak benar," kata Setyo di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (19/2/2018).

"Oleh sebab itu, diingatkan Pak Wakapolri untuk seluruh kapolda, untuk mengingatkan kepada seluruh kapolres, pengamanan tokoh agama dan tempat ibadah," sambung Setyo.

Setyo kemudian membantah adanya pembahasan mengenai kepulangan Habib Rizieq. "Tidak dibahas," jawab Setyo ketika disinggung wartawan.

Setyo menandaskan tidak ada pembahasan mengenai pengamanan kepulangan Habib Rizieq meski beredar surat telegram dengan nomor ST/429/II/HUM.3.5.2./2018 pada Minggu, 18 Februari, kemarin yang dibubuhi tanda tangan Asisten Bidang Operasi Kapolri Irjen M Iriawan dan atas nama Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

"Tidak dibahas masalah itu (kepulangan Habib Rizieq). Tadi membahas masalah tadi. Tadi hanya paparan dari Polda Jabar, Jatim, dan Yogya," jelas Setyo.

"Sampai sekarang saya belum dapat informasi (kepulangan Habib Rizieq). Saya hanya baca dari medsos. Jangan berandai-andai. Tadi nggak bahas. Kita membahas pengamanan kejadian kemarin, jangan sampai terulang lagi dan bagaimana akan diungkap. TR nggak jadi nggak apa-apa," lanjut Setyo.

Dalam surat telegram yang beredar, tertera penjelasan Mabes Polri akan menggelar rapat dengan jajaran polda terkait kepulangan Habib Rizieq.

"Diperintahkan para kapolda, pejabat utama polda untuk mengikuti vicon yang dipimpin Bapak Wakapolri dihadiri seluruh pejabat utama Mabes Polri, membahas tentang kesiapan pengamanan dalam rangka antisipasi kembalinya HRS (Habib Rizieq Syihab) ke Indonesia," demikian kutipan dari surat telegram yang beredar.
(aud/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed