DetikNews
Senin 19 Februari 2018, 11:51 WIB

NasDem DKI: Titik Banjir Turun dari 1.000 Jadi 200 karena Normalisasi

Mochamad Zhacky - detikNews
NasDem DKI: Titik Banjir Turun dari 1.000 Jadi 200 karena Normalisasi Normalisasi Sungai Ciliwung (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta - Fraksi NasDem DPRD DKI Jakarta meminta Pemprov DKI melanjutkan proyek normalisasi Sungai Ciliwung. Normalisasi dinilai sebagai cara yang tepat untuk mengantisipasi banjir di Ibu Kota.

"Sudahlah, lanjutkan saja apa yang sudah dilakukan oleh Ahok (eks Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama) untuk segera melakukan normalisasi dan anggarannya juga kan nggak kurang kok. Cepat saja, konsentrasi di sana," kata Ketua Fraksi NasDem Bestari Barus saat dihubungi, Senin (19/2/2018).

Bestari menuturkan normalisasi sungai sudah terbukti dapat mengurangi titik banjir di Jakarta. Sejak program itu dilaksanakan, titik banjir yang semula berjumlah ribuan berkurang signifikan.

"Saya kira itu (normalisasi) yang harus dilakukan secara bertahap. Namun tahapannya harus kelihatan. Kalau kemarin dari zaman Pak Jokowi-Ahok itu sudah turun dari 1.600-an titik (banjir) ke 200-an," terang Bestari.

Wagub DKI Sandiaga Uno sebelumnya mengatakan akan mendukung proyek normalisasi. Dalam hal normalisasi, Pemprov DKI berkewajiban membebaskan lahan-lahan yang ada di bantaran sungai.

"Karena akan melakukan itu (normalisasi) ada dari pemerintah pusat. Jadi, kami men-support 100 persen untuk memediasi (warga) agar lahannya segera dieksekusi. Tentunya dengan pendekatan kepada warga," terang Sandi di Jakarta Creative Hub, gedung Graha Niaga Thamrin, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (7/2).
(zak/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
BERITA TERBARU +