DetikNews
Minggu 18 Februari 2018, 13:48 WIB

Jalan Ambles di Pulogadung, Warga: Truk Besar Kerap Melintas

Ibnu Hariyanto - detikNews
Jalan Ambles di Pulogadung, Warga: Truk Besar Kerap Melintas Penampakan jalan yang ambles di Pulogadung (Foto: Ibnu Hariyanto/detikcom)
Jakarta - Jalan di permukiman warga di Pulogadung, Jakarta Timur, ambles. Sebelum jalan itu ambles, warga menyebut truk besar kerap melintas di jalan itu.

"Akibat dari jalan truk pengerukan kali tonasinya terlalu berat karena dia pakai (truk) tronton yang 20 ton, sedangkan jalan ini paling kemampuan 3 sampai 5 ton. Ini di luar batas," ucap salah seorang warga bernama Abdul Mukti (52) saat ditemui di lokasi, Minggu (18/2/2018).

Lokasi jalan ambles itu berada di Jalan Mujahidin RT 03/RW 17, Cipinang Sodong, Pulogadung, Jakarta Timur. Menurut warga, jalan itu ambles pukul 19.00 WIB, Sabtu kemarin.

Sebelum ambles, Mukti menyebut ada retakan di jalan tersebut. Retakan itu disebutnya telah muncul sejak 2 bulan lalu.


"Kalau gejala retakan sudah dari 2 bulan yang lalu," kata Mukti.

Sementara itu, warga lainnya bernama Ibnu (45) berharap jalan ambles itu segera diperbaiki. Dia khawatir jalan ambles itu berdampak ke permukiman warga.

"Yang khawatir, setelah ini longsorannya ini ke kali terus ada penyempitan kali bisa bikin banjir. Takutnya juga sampai ke rumah warga. Belum lagi akses jalan juga tertutup," kata Ibnu.

Dari pantauan, tampak sejumlah petugas dari Suku Dinas Sumber Daya Air DKI mulai memperbaiki jalan yang ambles ini. Mereka mulai mengeruk tanah dan memasukkan ke dalam karung-karung. Posisi Jalan Mujahidin itu memang berada di pinggiran Sungai Cipinang-Sunter.
(ibh/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed