DetikNews
Jumat 16 Februari 2018, 12:10 WIB

Stres, 1 Orang Utan di Aceh Dievakuasi ke Pusat Rehabilitasi

Agus Setyadi - detikNews
Stres, 1 Orang Utan di Aceh Dievakuasi ke Pusat Rehabilitasi Orang utan yang dievakuasi dari rumah warga (Foto: dok. BKSDA Aceh)
Aceh - Seekor anak orang utan Sumatera dievakuasi dari seorang warga. Satwa dilindungi ini dalam kondisi stres berat dan tidak mau makan sehingga dibawa ke pusat rehabilitasi Orang Utan di Sumatera Utara.

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh Sapto Aji Prabowo, mengatakan, proses evakuasi anak orang utan berjenis kelamin jantan ini dilakukan BKSDA dan Yayasan Orangutan Sumatera Lestari-OIC. Satwa yang diduga berusia dua tahun ini sebelumnya sempat dipelihara oleh seorang warga bernama Darwin asal Desa Suka Rimbun, Kecamatan Ketambe, Kab Aceh Tenggara, Aceh.

"Informasi keberadaan Orangutan ini diperoleh dari Dr. Sri Suci Utami yang sedang berada di Stasiun Penelitian Ketambe dan berbincang-bincang dengan masyarakat," kata Sapto kepada wartawan, Jumat (16/2/2018).

Seekor orang utan dievakuasi dari rumah warga di AcehSeekor orang utan dievakuasi dari rumah warga di Aceh Foto: dok. BKSDA Aceh
Sapto mengatakan Darwin menyelamatkan anak orang utan yang terdampar di kebun jagung miliknya beberapa hari lalu. Proses penyerahan satwa dilindungi ini dari Darwin ke petugas dilakukan pada Kamis (15/2) kemarin.

"Anak orang utan yang dalam kondisi stres berat, tidak mau makan, dibawa ke Pusat Rehabilitasi OU Sumatera di Batumbelin Sibolangit, Sumatera Utara, untuk menjalani perawatan dan rehabilitasi," jelas Sapto.


(ams/ams)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed