DetikNews
Kamis 08 Februari 2018, 17:50 WIB

Sidang Setya Novanto

Cari Tahu Materi Pemeriksaan KPK, Menantu Novanto Temui Saksi e-KTP

Faiq Hidayat - detikNews
Cari Tahu Materi Pemeriksaan KPK, Menantu Novanto Temui Saksi e-KTP Setya Novanto ketika menjalani persidangan di Pengadilan Tipikor Jakarta (Foto: Ari Saputra/detikcom)
FOKUS BERITA: Novanto Dieksekusi
Jakarta - Menantu Setya Novanto, Jason Setiawan, mengaku pernah menemui salah satu saksi kasus korupsi proyek e-KTP. Jason saat itu bermaksud mencari tahu materi pemeriksaan di KPK.

Saksi yang dicari Jason yaitu Presiden Direktur PT Reno Dirgantara, Andhika. Pertemuan keduanya disebut terjadi pada 21 Juli 2017 di salah satu restoran di Jakarta Selatan.

"BAP (berita acara pemeriksaan) saudara menerangkan, perlu saya tambahkan 21 Juli 2017, saya ditemui Jason Setiawan yang merupakan menantu Setya Novanto dan seorang perempuan yang saya tidak kenal di restoran di Jakarta Selatan pukul 19.00 WIB. Dalam pertemuan itu Jason, menanyakan isi atau materi pemeriksaan saya dalam sebagai saksi dalam perkara e-KTP atas pertanyaan, saya menjawab, 'bro mendingan nggak usah tahu soal materi pemeriksaan'," ujar jaksa yang membacakan BAP Andhika dalam sidang lanjutan perkara korupsi proyek e-KTP dengan terdakwa Setya Novanto di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Kamis (8/2/2018).

"Betul, betul," jawab Andhika.

Jaksa kemudian kembali membacakan BAP Jason. Dalam BAP itu disebutkan bila Jason dan perempuan itu memberikan sebuah kertas yang berisi alamat face time.

"Lalu mereka memberikan kertas yang didalamyna alamat face time. Setelah saya membuka kertas, alamat face time," tutur jaksa.

"Betul...betul," ujar Andhika.

Andhika beralasan tidak memberikan informasi materi pemeriksaan penyidik atas permintaan jaksa KPK Abdul Basir. Dia merasa setelah diperiksa penyidik KPK pasti akan dihubungi beberapa orang.

"Saya tanya jaksa KPK waktu itu Pak Basir bilang, Kalau saya dikontak seperti apa, sudah dipastikan pasti ada berita banyak yang bertanya dan betul itu ada yang nanya. Dan sudah itu pun saya diperiksa itu kembali," ujar Andhika.

Meski begitu, Andhika mengaku tidak tahu tujuan mereka ingin mengetahui materi pemeriksaan. Saat itu, Andhika diperiksa sebagai saksi untuk tersangka eks Dirut PT Quadra Solution Anang Sugiana.

"Kurang tahu. Tidak (tahu Novanto tersangka), waktu itu diperiksa sebagai tersangka Anang," tutur dia.


(fai/dhn)
FOKUS BERITA: Novanto Dieksekusi
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed