DetikNews
Kamis 08 Februari 2018, 14:18 WIB

Ditanya Soal Keberhasilannya, Fadli Zon Anggap Menteri Susi Baper

Tsarina Maharani - detikNews
Ditanya Soal Keberhasilannya, Fadli Zon Anggap Menteri Susi Baper Foto: Wakil Ketua DPR Fadli Zon. (Tsarina-detikcom)
Jakarta - Wakil Ketua DPR Fadli Zon sempat meyindir kinerja Kementerian Kelautan dan Perikanan lewat salah satu tweet-nya. Cuitan itu pun dibalas oleh Menteri KKP, Susi Pudjiastuti. Susi balik bertanya soal ukuran keberhasilan Fadli Zon selama ini.

Berkaitan dengan balasan Susi, Fadli menilai bahwa Susi terlalu baper (bawa perasaan). Menurutnya, rangkaian tweet-nya soal evaluasi terhadap pemerintah dari kacamata Gerindra itu adalah hal yang wajar.

"Susi baper saja kali ya. Yang saya sampaikan relatif lunak. Tentu ulang tahun Gerindra dan itu evaluasi terhadap pemerintah, termasuk soal nasib nelayan," ucap Fadli di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (8/2/2018).

[Gambas:Video 20detik]


Meskipun begitu, ia sebenarnya mendukung apa yang telah dilakukan oleh Menteri Susi. Wakil Ketua Umum Gerindra itu hanya menyayangkan jika penenggelaman kapal dijadikan satu-satunya indikator keberhasilan.

"Tentu yang dilakukan Bu Susi niatannya itu bagus, dari proteksi ilegal fishing kita mendukung. Tapi soal penenggelaman kapal jangan seolah-olah dijadikan acuan keberhasilan kerja," sebutnya.

"Keberhasilan itu sesuai pasal 3 UUD 1945, kekayaan alam dikuasai negara untuk sebesar-besarnya kepentingan rakyat. Air dan lautan itu harusnya memberikan kesejahteraan rakyat," sambung Fadli.

Ia pun menilai kondisi taraf hidup nelayan di masa pemerintahaan ini masih rendah. Para nelayan, kata Fadli, rentan kriminalisasi.

"Nelayan di era Jokowi ini kehidupannya makin hari makin susah. Makin banyak regulasi yang mereka rentan untuk dikriminalisasi. Lebih kepada rakyat sejahtera? Kan belum. Termasuk penggunaan cantrang. Yang ada penenggelaman yang membuat laut rusak. Kapal itu dibom masuk ke laut dan merusak. Saya pernah mengatakan harusnya kapal diambil dan diserahkan kepada nelayan," jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, bahwa pada awalnya Fadli Zon lewat Twitter memaparkan alasan Gerindra makin percaya diri setelah berusia 10 tahun. Dalam beberapa bagian rangkaian tweet-nya, Fadli juga menyindir kinerja pemerintahan Presiden Joko Widodo. Salah satunya Kementerian Kelautan dan Perikanan.

[Gambas:Video 20detik]


(tsa/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed