DetikNews
Rabu 07 Februari 2018, 20:40 WIB

2.000 Ton Sampah Diangkut dari Ciliwung, dari Batang Pohon hingga Kulkas

Indra Komara - detikNews
2.000 Ton Sampah Diangkut dari Ciliwung, dari Batang Pohon hingga Kulkas Sampah di Sungai Ciliwung. (Rifkianto Nugroho/detikcom)
FOKUS BERITA: Banjir 2018
Jakarta - Pemprov DKI terus berupaya mengangkut sampah-sampah yang hanyut terbawa arus banjir di Sungai Ciliwung. Sejak kemarin hingga hari ini, total ada 2.000 ton sampah yang sudah diangkut.

"Kemarin sampai hari ini sampah ada 2.000 ton itu sampahnya aneh, ranting-ranting, (batang) pohon tumbang yang mungkin jatuh dari tebing sana jadi luar biasa memang kita standby terus. Sama kulkas ya," kata Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu (7/2/2018).


Sebelumnya, Dinas Lingkungan Hidup juga telah mengangkut 1.596 ton per 5-6 Januari kemarin. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Isnawa Adji mengatakan sampah itu diangkut dari tiga titik Kanal Banjir Barat (KBB), yakni Seasons City, pintu air Manggarai, dan jembatan Kampung Melayu.

"Data pembersihan sampah tanggal 5-6 Februari 2018, 1.596 ton," ujar Isnawa lewat pesan singkat, Selasa (6/2).


Isnawa menambahkan total ada 90 personel yang bertugas mengangkut sampah-sampah tersebut. Sejak banjir melanda, sampah yang diangkut dari aliran sungai lebih banyak dibanding biasanya. Kenaikan volumenya melonjak tajam.

"Jadi biasanya sampah kali sungai paling banyak 300 ton se-Jakarta. Kalau lihat kondisi di 3 lokasi itu saja sudah naik sampai dengan 1.596 ton," terangnya.
(idn/elz)
FOKUS BERITA: Banjir 2018
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed