DetikNews
Sabtu 03 Februari 2018, 12:09 WIB

Apa Makna di Balik Batu Bersusun Misterius di Sungai Cidahu?

Syahdan Alamsyah - detikNews
Apa Makna di Balik Batu Bersusun Misterius di Sungai Cidahu? Foto: Facebook
Jakarta - Batu bersusun misterius di sungai di kecamatan Cidahu, Sukabumi diduga dibuat oleh sekelompok orang. Apa makna dari susunan batu-batu itu?

Camat Cidahu, Ading Ismail memastikan batu-batu bersusun rapi itu bukan fenomena alam, sebagaimana diviralkan di media sosial. Ada warga yang menyaksikan sekelompok orang menyusun batu-batu tersebut di sungai.

"Setelah mendapat informasi saya langsung ke lokasi, saya serap informasi dari warga yang mengaku melihat sejumlah orang yang membuat batu-batu itu menjadi bersusun," kata Ading, Sabtu (3/2/2018).

Ading dan warga menghancurkan batu-batu bersusun tersebut. Penyebabnya adalah susunan itu dikait-kaitkan dengan hal mistis sehingga meresahkan warga.

[Gambas:Video 20detik]


"Kalau airnya keruh memang agak seperti fenomena alam, tapi kalau airnya jernih terlihat jelas kalau itu bikinan manusia," sambung Ading.

Sekretaris Desa (Sekdes) Jayabakti, Cimahu, Agus Muzamil mendapatkan informasi yang lebih jelas mengenai makna di balik susunan batu-batu itu.

"Saya dapat informasi jika susunan itu sengaja dibuat sejumlah anak muda dengan maksud mengajak warga untuk menjaga lingkungan. Yang salahnya itu oleh yang pertama kali melihat mungkin kaget informasinya jadi liar hingga dikaitkan dengan fenomena alam dan mistis," kata Agus.

Agus telah lebih dulu melakukan riset mengenai kemunculan batu-batu bersusun seperti itu. Kejadian serupa beberapa kali terjadi di tempat lain.

"Sejak postingan itu viral saya sudah lebih dulu mencari tahu tentang susunan batu seperti itu, bahkan saya buka Youtube dan informasi pembanding. Ternyata kegiatan semacam itu memang banyak dilakukan oleh sejumlah komunitas," kata Agus.

Batu bersusun rapi sebanyak 90 buah paket susunan itu dipastikan bukan fenomena alam apalagi mistis. Ada warga yang melihat sekelompok pemuda menyusun batu-batu itu. Namun apa motif dan bagaimana cara batu-batu tersebut disusun di tengah sungai masih misterius.
(fjp/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed