Polisi Rekonstruksi Kasus Penerobos Busway Seret Polantas di Matraman

Nugroho Tri Laksono - detikNews
Kamis, 01 Feb 2018 12:06 WIB
Rekonstruksi kasus penerobos busway melawan dan seret polantas saat ditilang di Matraman, Jaktim (Foto: Nugroho Tri Laksono/detikcom)
Rekonstruksi kasus penerobos busway melawan dan seret polantas saat ditilang di Matraman, Jaktim (Foto: Nugroho Tri Laksono/detikcom)
Jakarta - Polres Metro Jakarta Timur mengelar rekontruksi terkait kasus pengendara mobil Cadillac Escalade yang menyeret anggota Polantas di Matraman, Jakarta Timur. Ada 13 adegan diperagakan dalam rekontruksi tersebut.

"Ada 13 adegan dalam rekontruksi ini, diperankan oleh 4 orang yakni 1 orang tersangka, 1 korban, dan 2 orang saksi," ujar Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Timur, AKBP Sapta Maulana, Kamis (1/2/2018).


Rekontruksi ini digelar sekitar pukul 10.00 WIB di traffic light (TL) Utan Kayu, Matraman, Jakarta Timur. Dalam rekontruksi, saksi yang dihadirkan adalah salah satu anggota polantas dan saksi yang membantu mengangkat korban saat terjatuh dan dilarikan ke rumah sakit.

Sapta menuturkan, korban Brida Dimas masih dalam pemulihan sehingga korban tidak dihadirkan saat rekontruksi berlangsung.


"Peran korban digantikan karena tidak bisa dihadirkan masih dalam pemulihan juga, tersangka juga koorperatif saat menjalani rekontruksi ini," kata Sapta.

Dalam rekonstruksi, tersangka Tessa Granitsa Satari (34) melakukan perlawanan tertulis di adegan 9 dan 10. Saat itu, tangan kiri Tessa memegang tangan Bripda Dimas yang hendak mengambil STNK.


Adegan 9 ketika tersangka memegang tangan korban saat hendak ditilangAdegan 9 ketika tersangka memegang tangan korban saat hendak ditilang (Foto: Nugroho Tri Laksono/detikcom)

Sementara di adegan kesepuluh, tersangka mencoba kabur sambil menjalankan mobilnya. Akhirnya korban Bripda Dimas pun terjatuh dan terseret mobil tersebut.

"Saat melakukan perlawanan tertulis di adegan 9 dan 10. Saat itu korban mengambil STNK namun tersangka menarik tangan korban hingga terseret," kata Sapta.

[Gambas:Video 20detik]



Saat rekonstruksi berlangsung, Tessa mengenakan baju biru bertuliskan tahanan dengan mengenakan kopiah. Rekontruksi mengundang perhatian warga dan pengendara lain yang melintas hingga membuat arus lalu lintas tersendat.

Sebelumnya diberitakan, Tessa menolak ditilang dan melawan anggota Ditlantas Polda Metro Jaya Bripda Dimas Prianggoro pada Kamis (18/1). Hal itu dilakukan saat Tessa menerobos jalur TransJakarta di kawasan Matraman, Jakarta Timur.


Ketika itu Tessa mengemudikan mobil Cadillac Escalade berwarna putih bernopol B 19 SNC. Diketahui, mobil jenis SUV tersebut bukanlah milik tersangka.

Usai peristiwa, Tessa sempat kabur. Dia pun ditangkap di Hotel Crown, Tamansari, Jakarta Barat, pada Senin (21/1) sekitar pukul 21.00 WIB.


Setelah ditangkap, polisi melakukan tes urine kepada Tessa. Urine tersangka dinyatakan positif mengandung narkoba. Tessa pun ditetapkan sebagai tersangka dengan dikenai Pasal 351 KUHP atau Pasal 212 KUHP dan Pasal 213 KUHP tentang Penganiayaan.


(jbr/rvk)