DetikNews
Selasa 30 Januari 2018, 15:22 WIB

Prediksi JK soal Pilpres 2019: Ada 4 Capres, Prabowo Maju

Muhammad Taufiqqurahman - detikNews
Prediksi JK soal Pilpres 2019: Ada 4 Capres, Prabowo Maju Foto: Muhammad Taufiqqurahman/detikcom
Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) memastikan tidak akan maju lagi dalam Pilpres 2019. JK memprediksi pada Pilpres 2019 akan ada 3 sampai 4 calon presiden.

"Kan PT (presidential threshold) kan 20 persen. Secara teori, artinya setidak-tidaknya bisa empat (calon), bisa empat. Mungkin juga tiga, pengalaman yang lalu kan yang pertama 2004 empat calon, 2009 ada tiga calon," kata JK di kantor Wapres, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (30/1/2018).


JK juga berkomentar soal Prabowo Subianto. Menurutnya, Prabowo dipastikan menggunakan hak politiknya untuk maju sebagai capres dan hal itu wajar saja.

Apalagi, lanjut JK, Prabowo adalah seorang ketua umum dan pendiri Partai Gerindra sehingga akan menggunakan kendaraan parpolnya untuk maju sebagai capres.

"Orang mendirikan partai ujungnya ingin mempunyai kekuasaan, jadi kalau pimpinan partai itu tak mempunyai minat untuk kekuasaan, berarti bukan pimpinan partai," terangnya.

"Tapi terserah kepada Pak Prabowo sendiri, kita tak bisa mengatakan wajar, tidak wajar, tidak bisa (karena) itu hak politiknya," sambungnya.
(fiq/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed