Laporan dari New Delhi

Jokowi Ajak India dan ASEAN Perkuat Kerja Sama Maritim

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Kamis, 25 Jan 2018 20:42 WIB
Jokowi dan para pemimpin ASEAN dan India (Dok Kemlu India)
New Delhi - Para pemimpin negara-negara ASEAN berkumpul di India. Pada pertemuan itu, Presiden RI Jokowi mengajak ASEAN dan India memperkuat kerja sama maritim di kawasan Indo-Pasifik.

"Dengan penguatan building blocks akan tercipta pula kawasan Indo-Pasifik, yang menjadi salah satu sumber utama pertumbuhan ekonomi, pusat perdagangan, dan industri dunia," kata Jokowi dalam sesi retreat KTT Peringatan 25 Tahun Kerja Sama ASEAN-India di Taman Mughal, kompleks Rasthrapati Bhavan, New Delhi, India, Kamis (25/1/2018).

Acara itu berlangsung selepas jamuan makan siang oleh Presiden India Ram Nath Kovind. Para pemimpin ASEAN lainnya juga saling mengemukakan pendapat dalam diskusi bertema 'Kerja Sama Maritim dan Keamanan'.

"Saya percaya melalui ASEAN-Led Mechanism dan melalui kemitraan ASEAN-India kawasan Indo-Pasifik yang damai, stabil, dan sejahtera dapat tercapai," kata Jokowi.

Negara-negara yang masuk kawasan Indo-Pasifik adalah yang berada di antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Jokowi menekankan pentingnya ASEAN sebagai sentral dari kawasan tersebut.

"Pengembangan konsep Indo-Pasifik juga harus dilakukan secara terbuka, transparan, inklusif didasarkan pada habit of dialogue; dilandasi keinginan untuk bekerja sama serta menjunjung tinggi hukum internasional," ujar dia.

Setelah pertemuan tersebut, mereka melakukan foto bersama. Jokowi duduk di samping PM India Narendra Modi.

Diwawancara seusai pertemuan, Menlu Retno Marsudi mengatakan beberapa kepala negara sepakat dengan pernyataan Presiden Jokowi. Ada juga yang menyampaikan pemikiran serupa. (bag/dnu)