Agar Tak Punah, Tokoh Adat Segera Bikin Kamus Bahasa Palembang

Raja Adil Siregar - detikNews
Rabu, 24 Jan 2018 16:06 WIB
Foto: Tes
Palembang - Tidak ingin budaya leluhur tergerus oleh kemajuan zaman, Pemerintah Kota Palembang berencana memasukan bahasa asli Kota Pampek ke dalam kamus. Ke depan, bahasa Palembang ini akan menjadi mata pelajaran tambahan di sekolah.

Pembina Rembuk Guguk Palembang, Kgs Ali Mudi Halim menyebut saat ini pihaknya sedang membentuk tim untuk merumuskan kamus bahasa. Dalam kurun waktu tiga bulan, kamus ini dipastikan sudah tersusun secara alfabetis.

"Kita sudah merencanakan untuk membuat kamus bahasa Palembang dan nantinya tersusun secara Alfabetis seperti kamus pada umumnya. Mudah-mudahan dalam kurun waktu tiga bulan target ini sudah tercapai dan tersusun agar mudah dipahami," kata Ali Mudin kepada wartawan, Rabu (24/1/2018).

Dilanjutkan Ali, untuk memukuskan niatnya dalam menyusun konsep bahasa Palembang, dirinya bersama beberapa tokoh telah berkoordinasi dengan pihak terkait dan pemerintah. Sehingga saat kamus rampung dapat dimasukkan dalam mata pelajaran di sekolah atau menjadi muatan lokal wajib.

"Kita mau ini bukan hanya penyusunan kamus saja, tetapi nanti juga dimasukkan dalam muatan lokal di sekolah. Untuk itulah kita sampaikan ini pada pemerintah kota Palembang," sambungnya.

Sementara Wakil Wali Kota Palembang, Fitrianti Agustida mengatakan Pemkot turut mendukung rencana pembuatan kamus oleh tokoh adat Palembang. Ke depan dirinya akan memasukkan bahasa dan kebudayaan lokal melalui ekstrakulikuler di sekolah.

"Kita ingin memang budaya ini terus berkembang dan jangan sampai generasi berikutnya tidak mengenal kebudayaan lokal. Termasuk cara menenun, bahasa dan pembuatan makanan khas kota Palembang," kata Fitri (asp/asp)