detikNews
Rabu 24 Januari 2018, 10:17 WIB

MenPAN-RB Beri Penghargaan kepada Polres hingga BPOM Terbaik

Zunita Amalia Putri - detikNews
MenPAN-RB Beri Penghargaan kepada Polres hingga BPOM Terbaik MenPAN-RB Asman Abnur memberi penghargaan kepada institusi pelayanan publik terbaik. (Zunita Amalia Putri/detikcom)
Jakarta - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) memberikan penghargaan kepada beberapa instansi pelayanan publik. Acara ini bertujuan memotivasi instansi pelayanan publik agar memberikan pelayanan lebih baik.

"Bapak dan Ibu yang mendapat penghargaan ini pasti sudah dievaluasi. Maka dari itu, saya ingin menyampaikan, pada kesempatan ini saatnya kita menggali lagi dan tidak boleh cepat puas dengan yang ada sekarang," tutur MenPAN-RB Asman Abnur dalam sambutannya di gedung serbaguna kantor KemenPAN-RB, Jl Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Rabu (24/1/2018).

Jajaran polres yang mendapat penghargaanJajaran polres yang mendapat penghargaan (Zunita Amalia Putri/detikcom)

Asman meminta deputi pelayanan publik terus memberi pelayanan terbaik agar masyarakat merasakan kemudahan dalam melakukan sebuah perizinan. Proses administrasi juga diminta semakin berorientasi pada teknologi.

"Bapak bayangkan, kita menunggu antre buat perizinan 10 menit. Nunggu itu nggak enak. Coba bayangkan kita yang nunggu izin publik itu, maka dari itu lakukan terus perubahan-perubahan. Tahun ini kita mendorong perubahan yang sebelumnya manual menjadi elektronik, seperti kita sudah memiliki berbasis teknologi yaitu e-government," ucap Asman.

KemenPAN-RB akan terus melakukan banyak perubahan melalui deputi pelayanan publik. Asman menyebut pelayanan di pemprov dan kepolisian terus membaik.

"Tahun 2018 ini kita akan targetkan banyak perubahan. Bahkan beberapa provinsi sudah ada mal layanan publik, termasuk dalam kepolisian. Kepolisian yang intens untuk memberikan perubahan," tuturnya.

Kantor Badan Pertanahan Kota Semarang dan Bandung mendapat penghargaanKantor Badan Pertanahan Kota Semarang dan Bandung mendapat penghargaan (Zunita Amalia Putri/detikcom)

Evaluasi dan pemberian penghargaan ini dimaksudkan meningkatkan motivasi institusi pelayanan publik agar bekerja semakin baik. Diharapkan institusi tersebut terus bersaing memberikan layanan yang terbaik kepada publik.

Acara ini dihadiri perwakilan polres dari berbagai daerah, perwakilan BPOM, dan Kantor Badan Pertanahan. Acara penghargaan evaluasi dibagi dalam dua sesi. Pada sesi kedua nanti akan dihadiri dinas kependudukan dan catatan sipil (disdukcapil) dari beberapa kabupaten, RSUD, dan petugas pelayanan terpadu satu pintu (PTSP) yang memberi pelayanan SIUP dan IMB.

Beberapa instansi yang memperoleh evaluasi berpredikat baik adalah;

1. 9 polres (Polresta Sidoarjo, Polrestabes Palembang, Polrestabes Surabaya, Polres Malang, Polres Balikpapan, Polres Mataram, Polres Malang Kota, Polres Kendari, dan Polres Bantul).

2. 6 BPOM (BBPOM di Kota Samarinda, BBPOM di Kota Surabaya, BPOM di Kota Bengkulu, BBPOM di Kota Yogyakarta, BBPOM di Kota Palembang, dan BPOM di Kota Serang)

3. 2 Kantor Pertanahan (Kota Semarang dan Kota Bandung).
(jbr/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com