DetikNews
Selasa 23 Januari 2018, 08:46 WIB

Anies Ajak Siswa-siswi di Jakarta Belajar Tanam Padi

Aditya Fajar Indrawan - detikNews
Anies Ajak Siswa-siswi di Jakarta Belajar Tanam Padi Foto: Aditya Fajar/ detikcom
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berencana memanfaatkan area persawahan untuk sarana pembelajaran. Dia ingin para siswa-siswi datang ke sawah untuk belajar menanam dan memanen padi.

"Nanti kami mengajak para kepala sekolah untuk bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) untuk bisa datang sebagai arena pembelajaran," kata Anies di Kawasan Inspeksi Banjir Kanal Timur, Cakung, Jakarta Timur, Selasa (23/1/2018).


Anies ingin memberikan kesempatan pada sekolah-sekolah di Jakarta untuk mengajak para siswa belajar menanam dan memanen padi.

"Insyaallah bulan depan akan tanam dan pada masa tanam itu, kami berikan kesempatan sekolah-sekolah untuk ajak anak-anaknya menanam padi. Kemudian pada saat panen kami ajak lagi untuk hadir dan memanen padi tersebut," jelas Anies.


[Gambas:Pasang Mata]


Menurut Anies, banyak anak-anak di Jakarta hanya tahu beras sudah menjadi nasi dan tidak mengetahui prosesnya. Oleh karena itu dengan adanya area pertanian ini dirinya ingin membangkitkan lagi kesadaran anak-anak.

"Banyak dari anak-anak kita tahunya beras sudah jadi nasi, apalagi menyadari prosesnya. Oleh karena itu, kita hidup di kota besar dan sudah tidak lagi melihat area pertanian yang luas ini untuk membangkitkan lagi kesadaran proses pangan itu ke anak-anak kita," terangnya.


"Jadi ketahanan pangannya dapat, pembelajarannya juga," imbuh Anies.

Sebelumnya, dengan memakai caping khas petani dan seragam dinas berwarna cokelatnya Anies turun ke sawah yang menguning. Tak hanya memanen padi dia juga memetik buah naga yang telah matang langsung dari pohonnya.
(adf/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed