DetikNews
Sabtu 20 Januari 2018, 02:00 WIB

Jahitan di Mata Kiri Sudah Dibuka, Novel Tunggu Operasi Lanjutan

Haris Fadhil - detikNews
Jahitan di Mata Kiri Sudah Dibuka, Novel Tunggu Operasi Lanjutan Novel Baswedan (Foto: dok. detikcom)
Jakarta - Penyidik KPK Novel Baswedan masih menunggu jadwal operasi tahap kedua untuk mata kirinya. Ia mengatakan jahitan bekas operasi pada Desember 2017 sudah dibuka.

"Baru dibuka jahitan di mata setelah operasi tambahan di bulan Desember yang lalu," kata Novel kepada detikcom, Jumat (19/1/2018) malam.

Novel berharap pertumbuhan selaput mata kirinya bisa lebih cepat. Menurutnya, dokter memprediksi operasi tahap kedua bisa dilakukan lebih cepat.

"(Jadwal operasi tahap kedua) belum tahu. Prediksi dokter, mestinya bisa lebih cepat. Beberapa hari lalu juga dikonsultasikan ke beberapa profesor ahli pendukung," ujarnya.

Sementara itu, mata kanan sudah bisa digunakan untuk membaca dengan bantuan hardlens dan kacamata. Tanpa dua alat bantu itu, Novel tak bisa membaca.

"Untuk mata kanan, alhamdulillah stabil. Tapi untuk membaca, harus pakai hardlens dan pakai kacamata baca. Kalau salah satu di antaranya tidak digunakan, belum bisa," jelasnya.

Sebagai informasi, Novel harus menjalani operasi ulang tahap pertama pada 6 Desember lalu karena pertumbuhan jaringan putih mata kirinya belum maksimal. Operasi ini dilakukan dengan menempelkan jaringan gusi pada mata kirinya untuk memperbaiki pertumbuhan jaringan putih mata.

Operasi itu dilakukan setelah perawatan dan pemulihan sebelumnya tidak membawa hasil signifikan terhadap mata kiri Novel, yang mengalami kerusakan hingga 95 persen akibat paparan air keras. Novel pun harus dirawat di Singapura sejak 12 April 2017, sehari pascapenyerangan terjadi.

Sampai saat ini pihak kepolisian belum menemukan siapa tersangka penyiram air keras terhadap Novel. Polda Metro Jaya baru menyebar sketsa empat terduga pelaku teror ke polda se-Indonesia.
(HSF/bag)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed