DetikNews
Jumat 19 Januari 2018, 19:23 WIB

Cerita Anies Tentang Loki Si Kucing dari Bayi hingga Kematiannya

Mochamad Zhacky - detikNews
Cerita Anies Tentang Loki Si Kucing dari Bayi hingga Kematiannya Anies dan Loki (Foto: Istimewa)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tampak antusias ketika bercerita tentang kucing keluarganya, Loki semasa hidup. Sejak bayi, Loki sudah dirawat oleh keluarga Anies.

"Oh ya jadi kami merawat Loki itu dari bayi, dari masih harus dikasih suplemen susu. Betul-betul dari kecil dan dirawat rame-rame sama anak-anak semua," kata Anies, di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (19/1/2018).

Saking akrabnya, Loki pun sampai diajak tidur bersama oleh anak-anaknya. Loki pun selalu menyambut anak-anak Anies saat mereka pulang dari bepergian.



Mantan Mendikbud itu pun bercerita soal Mutiara Baswedan, anak sulungnya yang bisa dibilang paling akrab dengan Loki. Kata Anies, Loki pun selalu mengikuti jejak Tia, panggilan akrab Mutiara, meskipun hanya ke kamar mandi.

"Anak-anak itu merawat dari mulai bayi, bahkan kalau tidur bersama-sama jadi tidurnya bareng. Kalau anak saya datang maka dia akan ngikutin terus. Tia itu, kalau Tia ke kamar mandi dia akan ikut, tunggu di luar. Begitu pintunya di buka dia akan ikut lagi. Kalau (Tia) datang dia (Loki) tunggu di depan," cerita Anies sambil sesekali tersenyum.

Anak Anies, Tia dengan Loki / Anak Anies, Tia dengan Loki / Foto: Istimewa




Sebelum mati, Loki sempat dirawat di klinik khusus hewan yang tak jauh dari rumah Anies di Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Anies pun sempat beberapa kali mengantar Loki ke dokter.

"Anak-anak yang ngerawat, saya biasanya nganter saja kalau mau ke mana. Kebetulan deket juga rumah kita, ada klinik hewan. Jadi kalau perlu apa-apa datang ke dokter itu. Dan itu yang tadi tuh, kemarin maghrib tahu-tahu dia tersedak gitu, kaya batuk, memang sudah sekitar sebulan dirawat," ungkap Anies.

Cerita Anies Tentang Loki Si Kucing dari Bayi hingga KematiannyaFoto: Loki kucing Anies saat dirawat (Dok. Istimewa)


Anies memperkirakan Loki memang terserang virus. Namun, setelah sebulan di rawat, Loki pun diizinkan pulang.

"Mungkin, kelihatannya ada virus, ada bakteri, terus sudah lemah. Anak-anak tuh jenguk di tempat perawatan. Karena dirawatnya, kira-kira dari rumah 10 menit lah. Jadi pada datang, ngejenguk, ngeliatin," kisahnya.

Keluarga Anies saat mengubur Loki / Keluarga Anies saat mengubur Loki / Foto: Istimewa


Setelah beberapa hari di rumah kondisi Loki semakin menurun. Hingga kemarin malam, Kamis (18/1), Loki terlihat batuk-batuk seperti orang tersedak.



Anies bersama anak-anaknya kemudian membawa Loki ke klinik dekat rumahnya. Mereka meninggalkan Loki di klinik tersebut. Namun, menjelang pergantian hari, pihak klinik memberi tahu bahwa Loki sudah mati.

"Jadi malam-malam ngasih tahu anak-anak," tutup Anies.

Anies sebelumnya menceritakan tentang keluarganya yang berduka karena Loki mati. Keluarga Anies kemudian mengubur Loki di halaman rumah. Ungkapan sedih itu diungkapkan Anies lewat Instagram, Jumat (19/1/2018).


(zak/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed