detikNews
Kamis 18 Januari 2018, 16:17 WIB

Kuburan Dibongkar, Bangkai Orangutan Tanpa Kepala Diautopsi

Idham Kholid - detikNews
Kuburan Dibongkar, Bangkai Orangutan Tanpa Kepala Diautopsi Foto: Proses autopsi bangkai orangutan tanpa kepala di Kalteng. (Istimewa)
Jakarta - Polisi dan tim gabungan telah membongkar kuburan orangutan yang ditemukan mati tanpa kepala di Kabupaten Buntok, Kalimantan Tengah. Saat ini, proses autopsi sedang berlangsung.

"Lagi diproses ataupun lagi bedah mayat di TKP," kata Kapolda Kalteng Brigjen Anang Revandoko saat dihubungi detikcom, Kamis (18/1/2018).


Anang mengatakan proses autopsi dilakukan sejak pukul 14.00 WITA. Tim Identifikasi dari Polri, dokter hewan, dan lainnya masih bekerja di lokasi.

"Sekarang timnya lagi di sana, dokter dari BOSF, dari BKSDA, COP, Tim Identifikasi dari Polda dan dari polres, melakukan tindakan untuk autopsi di TKP," ujarnya.

Anang mengatakan, hasil autopsi itu sangat penting untuk jadi petunjuk polisi dalam menyelidiki termasuk mengetahui penyebab kematian orangutan tersebut.

"Dari sana nanti ahli melihat sebab-sebab meninggal. Itu jadi petunjuk kita untuk proses penyelidikan lebih lanjut," tuturnya.


Sebelumnya, Centre for Orangutan Protection (COP) menyebut bangkai orangutan itu ditemukan pada Senin, 15 Januari 2018, dini hari. Bangkai orangutan itu ditemukan tanpa kepala, tanpa bulu, dan penuh luka.

"Di dekat jembatan ditemukannya, masyarakat lokal yang melihat ada mayat," kata Manajer Perlindungan Habitat COP Ramadhani saat dihubungi via telepon, Rabu (17/1).
(idh/yld)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com