Incar Investasi dari Jerman, Sandi akan Minta Saran Fauzi Bowo

Haris Fadhil - detikNews
Selasa, 09 Jan 2018 12:18 WIB
Ilustrasi: Fauzi Bowo alias Foke (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengincar investasi dari sejumlah perusahaan besar asal Jerman. Untuk mewujudkannya, Sandi akan bertemu dengan Duta Besar Indonesia untuk Jerman sekaligus Mantan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo (Foke).

"Kami beruntung ada Gubernur Jakarta yang sekarang sudah purnatugas tapi pernah bertugas di Jerman sebagai duta besar, yaitu pak Fauzi Bowo. Saya sudah mengatur pertemuan dengan beliau mungkin bulan Februari, kita akan jajaki kerja sama yang mungkin menguntungkan secara masif dari segi penciptaan lapangan kerja," kata Sandi di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (9/1/2018).

Sandi menyebut saat ini Pemprov DKI sedang menjajaki kerja sama dengan sejumlah perusahaan dari Jerman. Dia berharap bisa menciptakan lapangan kerja lewat kerja sama dengan berbagai perusahaan.

"Kami lagi mendata perusahaan Jerman seperti Siemens dan perusahaan-perusahaan besar lainnya yang ada di Jerman untuk melirik investasi di DKI dan menciptakan kegiatan ekonomi dan menciptakan lapangan pekerjaan," ucap Sandi.

Duta Besar Jerman untuk Indonesia Michael Freiherr von Ungern-Sternberg menyambut baik rencana Pemprov DKI. Namun, ia menyatakan seluruh kerja sama ekonomi Jerman harus dilakukan lewat Uni Eropa.

"Ketika bicara perdagangan dan investasi Jerman tak bisa menandatangani sendiri perjanjian lagi. Itu harus melalui Uni Eropa," ujar Michael.


(HSF/dnu)